Hari Kemerdekaan Indonesia, Ini Dia Film Sejarah Perjuangan yang Bisa Lo Tonton

Hari Kemerdekaan Indonesia, Ini Dia Film Sejarah Perjuangan yang Bisa Lo Tonton
access_time 1 bulan yang lalu

Hari Kemerdekaan Indonesia pastinya di dapat dengan berbagai perjuangan luar biasa. Dalam rangka memperingati hari tersebut USS Feed ingin mengajak lo semua untuk ‘mengenang’ kembali sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Tenang bukan dengan membaca buku sejarah, melainkan menyaksikan film yang identik dengan semangat perjuangan bangsa Indonesia.

Selain mengenang sejarah perjuangan, diharapkan film bertema perjuangan bangsa juga mampu memberikan pesan moral dan semangat bagi Lo untuk terus berpartisipasi dalam mengisi kemerdekaan dan menjaga persatuan NKRI.

So without further a do, ini dia film dengan teman ‘perjuangan’ 

Film sejarah perjuangan untuk ditonton di Hari Kemerdekaan Indonesia 

1. Perburuan ( 2019 )

Dirilis pada 2019 silam, film ini yang diangkat dari novel dengan judul sama karya Pramoedya Ananta Toer ini diperankan Adipati Dolken.

Berlatar perjuangan kemerdakaan Indonesia di era penjajahan Jepang, film ini banyak menceritakan tentang pemberontakan PETA (Pembela Tanah Air) melawan Jepang.

Dikisahkan, enam bulan usai kegagalan pemberontakan PETA terhadap Jepang, Hardo yang pulang ke kampung halamannya di Blora justru dilacak dan dikejar Jepang.

Demi menghindari kejaran itu, Hardo dan sejumlah orang lainnya menyamar menjadi pengemis. Dalam sebuah pengejaran itense selama satu hari dan malam menjelang Proklamasi Kemerdekaan, sebuah ‘cerita perjuangan’ terungkap.

2. Soekarno : Indonesia Merdeka (2013)

Film ini merupakan biografi pertama Presiden Indonesia pertama yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo.

Soekarno : Indonesia Merdeka bisa disebut sebagai salah satu film tokoh perjuangan Indonesia terbaik yang pernah dirilis.

Bercerita tentang seorang pria bernama Kusno yang kerap sakit-sakitan. Karena hal itu, orang tuanya memilih mengganti namanya menjadi Soekarno.

Menariknya meski berjudul Soekarno, film ini juga menceritakan beberapa tokoh nasional lain yang ikut menjadi saksi perjuangan proklamasi. Mulai dari tokoh bung Hatta dan Sjahrir.

Selain itu, dalam film ini penonton juga dapat menyaksikan pidato-pidato Soekarno yang dibacakan dengan penuh semangat. Salah satunya bertajuk “Indoensia Menggungat”.

3. Jendral Soedirman (2015)

Berdurasi sekitar dua jam, film ini menceritakan perjuangan Jenderal Soedirman dalam masa kolonial Belanda di Indonesia.

Film ini berfokus pada perjuangannya saat mengalami sakit keras saat melakukan perjalanan ke Selatan untuk misi gerilya selama tujuh bulan.

Kendati keadaannya kurang ‘baik’, misi gerilya tersebut berhasil membuat pasukan Belanda kewalahan karena kehabisan logistik. Pada akhirnya mereka menandatangai perjanjian Roem-Royen.

Dari situlah, Belanda mengakui kedaulatan bangsa Indonesia.

4. Sultan Agung: Tahta, Perjuangan dan Cinta (2018)

Setelah sukses dengan Sang Pencerah dan film ‘perjuangan’ lain, sutradara Hanung Bramantyo kembali mengangkat tokoh perjuangan Indonesia, yaitu Sultan Agung.

Film bergenre kolosal ini menampilkan biografi tokoh Sultan Agung yang terkenal ambisius dan pemberani karena keputusannya untuk menyerang VOC Belanda.

Singkat cerita, selepas kepergian ayahnya, Raden Mas Rangsang yang saat itu masih kecil dinobatkan sebagai Sultan Agung Hanyakrakusuma.

Selain beberapa judul di atas, ternyata masih ada berbagai film lain dengan tema perjuangan seperti Kartini, Habibie & Ainun, Guru Bangsa: Tjokroaminoto dan masih banyak lagi.

Jadi film mana yang akan lo tonton nih??

close

Hari Kemerdekaan Indonesia, Ini Dia Film Sejarah Perjuangan yang Bisa Lo Tonton

Search
close