Hari Batik Nasional, 3 Rekomendasi Brand ‘Kekinian’ yang Cocok Buat OOTD!

Hari Batik Nasional, 3 Rekomendasi Brand 'Kekekinian' yang Cocok Buat OOTD!
access_time 3 minggu yang lalu

Selamat hari batik nasional! Diperingati setiap tanggal 2 Oktober, hari tersebut adalah perayaan untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Sejak tahun 2009, setiap tanggal ini, masyarakat Indonesia mulai dari pemerintah, pegawai BUMN, karyawan swasta dan pelajar disarankan untuk mengenakan batik.

Menariknya, saat ini batik yang dulu terkesan ‘tua’ justru hadir dalam berbagai gaya modern yang sudah menyesuaikan trend.

Dalam rangka memperingati hari Batik Nasional 2021, USS Feed akan memberikan lo beberapa rekomendasi brand batik ‘kekinian’.

Rekomendasi brand kekekian yang cocok dipakai OOTD memperingati Hari Batik Nasional!

1. Sukka Chita

Dennica Flesh menciptakan Sukkha Citta untuk memberdayakan artisan lokal di Indonesia. Dengan menciptakan #MadeRight, brand yang satu ini menciptakan sebuah program yang meberikan kestabilan ekonomi bagi para artisan.

Selain itu mereka juga mempraktekan sustainable fashion dan menciptakan reintepretasi batik modern sembari menjaga tradisinya.

Dimulai dengan 4 artisan di sebuah desa pada tahun 2016, saat ini Sukka Chitta sudah memiliki lebih dari 50 mitra.

2. Oemah Etnik

Oemah Etnik adalah brand berikut yang wajib Lo lirik!

Direkomendasikan oleh salah satu ‘fashion enthusiast’ di USS Networks, brand yang satu ini menghadirkan pilihan batik sesuai keperluan style setiap pelanggan mereka, baik pria maupun wanita.

Mulai dari kategori lounge wear, office, modest, travel sampai dengan wedding. Bukan hanya itu saja, mereka bahkan memiliki line khusus yang disesuaikan untuk kebutuhan para ibu (mother-friendly).

3. Pithecantropus Bali

Berlokasi di Bali, brand yang satu ini sudah menjaga eksistensinya sejak lebih dari 25 tahun silam.

Berawal dari ‘small gift shop’ yang menawarkan berbagai item tradisional tradisional dari beragam etnik yang masuk kebudayaan Indonesia, Pithecantropus terus berkomitmen menghadirkan ‘inovasi’ bagi kultur Indonesia.

Sebagaimana dilansir dari laman resminya, kreasi mereka terinspirasi dari masa lalu namun dituangkan dengan perspektif modern.

Our commitment is to pass on the heritage to the younger generation and to unveil Indonesian heritage to the world through our ‘gapura’,” tulis mereka.

Adapun gapura yang dimaksud adalah ‘pintu’ yang terbuka bagi semua orang untuk menikmati dan berbagi soal budaya di Indonesia.

Nah dari ketiga rekomendasi tersebut, mana yang paling menarik buat Lo?

close

Hari Batik Nasional, 3 Rekomendasi Brand ‘Kekinian’ yang Cocok Buat OOTD!

Search
close