Hand Sanitizer Mulai Langka, Pemerintah Gratiskan Bahan-Bahan Pembuatannya

access_time 11 bulan yang lalu

Saat terdengar kabar bahwa virus Corona sudah masuk ke Indonesia, orang-orang mulai parno dan langsung gencar mencari hand sanitizer terbaik dan masker. Akibatnya, kita jadi kesulitan mendapatkan kedua barang tersebut karena orang semakin ganas membeli hand sanitizer dan masker.

Image result for hand sanitizer gif
Source: Giphy

Akhirnya muncul beberapa penemuan-penemuan inovatif dalam menghadapi hal itu. Diawali dengan masker yang kini bisa digunakan berkali-kali karena sifatnya yang bisa dicuci. Jelas penemuan ini sangat membantu mereka yang kehabisan masker akibat para penimbun.

Sekarang, sepertinya lo akan lebih mudah dalam mendapatkan hand sanitizer karena pemerintah telah membebaskan cukai etil alkohol sebagai bahan baku dari hand sanitizer yang mulai langka ini. Dalam hal ini, Ditjen Bea dan Cukai telah mengeluarkan surat edaran yang menyatakan pengusaha pabrik dapat mengajukan permohonan pembebasan cukai berdasarkan pemesanan dari pemerintah dan non-pemerintah.

Dilansir dari CNN Indonesia, jika pesanan datang dari pemerintah, maka perusahaan hanya perlu memberikan surat pernyataan dari pimpinan instansi pemerintah yang melakukan pemesanan. Surat tersebut menyatakan bahwa etil alkohol akan digunakan sepenuhnya untuk pencegahan penyebaran virus Corona.

Image result for hand sanitizer habis
Source: Popbela

Sementar, apabila pesanan datang dari non-pemerintah, perusahaan perlu mendapatkan rekomendasi dari instansi pemerintah yang menangani penanggulangan bencana.

Untuk memberikan kemudahan dalam pembuatan hand sanitizer, surface sanitizer, dan antiseptik, pemerintah melalui Bea Cukai memberikan pembebasan cukai etil alkohol sebagai bahan baku atau bahan penolong,” kata Heru Pambudi, DirJen Bea Cukai Kementrian Keuangan.

Selain itu, Heru juga mengatakan bahwa pihaknya akan mengkaji aturan terkait pembebasan cukai terhadap barang-barang yang digunakan untuk menangkal virus Corona.

Nah, kalau sudah seperti ini, sepertinya tidak akan lagi kita kehabisan hand sanitizer baik di minimarket atau di apotik terdekat. Dengan langkah yang dilakukan, kita bisa melihat bagaimana pemerintah memberikan bantuan penuh untuk melawan virus Corona.

Lo juga bisa membuat hand sanitizer sendiri dengan baca artikel di sini.

close

Hand Sanitizer Mulai Langka, Pemerintah Gratiskan Bahan-Bahan Pembuatannya

Search
close