Halte Bus Ini Anti Corona! Kok Bisa?

Halte Bus Ini Anti Corona! Kok Bisa? (Foto/REUTERS)
access_time 1 tahun yang lalu

Nggak cuma melindungi penumpang dari terik matahari atau hujan, halte ini juga bisa melindungi dari virus corona

Di tengah masa pandemi ini, Korea Selatan menghadirkan inovasi baru untuk melindungi warganya.

Inovasi tersebut adalah halte bus pintar alias smart bus shelter yang digadang-gadang mampu melindungi warganya dari covid-19 di masa new normal ini.

Smart Shelter tersebu ditempatkan di ibu kota Korea Selatan, Seoul. Halte bus tersebut dilengkapi dengan pendingin udara dan alat sterilisasi ultraviolet untuk mendinginkan dan membersihkan udara.

(Jung Yeon-Je/AFP/Getty Images)
(Jung Yeon-Je/AFP/Getty Images)

Selain itu, kamera thermal juga ditempatkan di pintu halte untuk memantau suhu tubuh penumpang. Hanya mereka yang suhu tubuhnya di bawah 37,5 derajat celcius yang boleh masuk. Kamera terpisah dipasang lebih rendah khusus untuk anak-anak.

Kami juga membagikan situasi terbaru secara langsung dengan kantor polisi dan kantor pemadam kebakaran menggunakan CCTV cerdas, bel peringatan dan sensor noise AI, jadi kita bisa merespons kejadian darurat secara cepat,” kata Kim Hwan-gyun, penanggung jawab halte di daerah Seongdong.

Sepuluh halte telah dipasang di distrik Seongdong, Seoul timur. Kolaborasi teknologi mutakhir ini merupakan hasil kolaborasi kantor distrik setempat dengan LG Electronics yang dirilis bulan ini.

(Jung Yeon-je AFP)
(Jung Yeon-je AFP)
Baca juga: Tom Holland Tunjukkan ‘Sisi Gelapnya’ di Film The Devil All The Time

Fasilitas lengkap smart shelter bikin penumpangnya betah

Tak hanya berpendingin udara dan sterilisasi ultraviolet, Smart Shelter juga dilengkapi dengan kamera pengawas dan layar digital untuk memberitahu penumpang kapan bus tiba.

Halte itu juga dilengkapi hand sanitizer dan tersedia tempat mengisi daya laptop atau telepon genggam serta Wi-Fi gratis. Untuk memberikan cadangan daya, Smart Shelter juga dilengkapi dengan panel surya.

Tadinya saya kurang nyaman karena harus diperiksa suhu tubuhnya sebelum masuk, tapi ternyata tidak butuh waktu lama,” kata Park Sung-yeon, mahasiswa 25 tahun seperti dikutip Reuters, Sabtu (15/8).

Saya harap kita bisa punya lebih banyak tempat seperti ini sehingga kita bisa menghadapi virus corona.”

(REUTERS/Heo Ran)
(REUTERS/Heo Ran)
Baca juga: Keringat Petugas Kesehatan Covid-19 Mengalir Deras Karena Menggunakan APD, Videonya Viral

Harga Smart Shelter

Dengan fasilitas dan fitur canggihnya, Smart Shelter memang tidak murah. Setiap haltenya berharga 100 juta won atau sekitar Rp 1,2 miliar.


close

Halte Bus Ini Anti Corona! Kok Bisa?

Search
close