Gunung Everest Tiba-Tiba Bertambah Tinggi, Kok Bisa?

access_time 12 bulan yang lalu

Gunung tertinggi di dunia, Gunung Everest dikabarkan bertambah tinggi. Ketinggian baru Everest ini diketahui setelah dua negara, China dan Nepal berunding tentang pembaruan ketinggian gunung tersebut.

Dikutip dari kumparan, sekarang Everest berada di ketinggian 8.848,86 meter dimana sebelumnya tercatat pada ketinggian 8.848 meter. Kok bisa ya jadi tambah tinggi?

Gunung Everest Tambah Tinggi

gunung everest
via Kompas

Ternyata, Everest hanya bertambah sebanyak 86 cm aja dari ukuran yang diakui sebelumnya. Setelah melalui perundingan dua negara yang dilintasi gunung ini, akhirnya baru ketahuan kalau ketinggiannya kini berubah.

Seorang ahli Bio Survei dan Pemetaan Nasional China, Dang Yamin mengatakan kalau hasil akhir pengukuran ini sudah dilakukan dua belah negara dan sesuai dengan aturan ilmiah. Hasil ini sudah final setelah selama satu dekade mengalami kesimpangsiuran.

Ekspedisi survei tahun ini dilakukan lebih tenang, hal ini karena jalur pendakian masih ditutup karena pandemi Covid-19. Survei ini dilakukan setelah beberapa negara mencoba menjalankan misi yang sama.

Berbagai negara telah menyelesaikan pengukuran ketinggian beberapa kali. Hasilnya setiap kesempatan berbeda-beda, jadi hari ini kami mengakhiri spekulasi ini,” kata Menteri Pertahanan Nepal, Padma Aryal.

Sejarah Ketinggian Everest

gunung everest
via FrameTrip

Tahun 1856 silam, Gunung Everest pertama kali diukur oleh ahli geografis kolonial Inggris menggunakan rumus trigonometri dari ratusan mil jauhnya di dataran India. Pada saat itu, ketinggiannya tercatat 8.840 meter (29.002 kaki) di atas permukaan laut.

Kemudian setelah dua pendaki ternama, Edmund Hillary dan Tenzing Norgay Sherpa berhasil menduduki puncak Everest pertama kali pada 29 Mei 1953, survei di India menyesuaikan ketinggian jadi 8.848 meter.

Kenapa Harus Diukur?

gunung everest
via BBC

Ketinggian Everest perlu diukur ulang tentunya sebagai langkah branding dan pengenalan gunung tersebut kepada khalayak luas. Tidak hanya untuk menarik perhatian pendaki, tapi juga perusahaan yang membuat pakaian gunung, restoran, sampai Vodka.

Tapi di tahun 1999, US National Geographic Society pernah mencatat titik tertinggi Everest yaitu 8.850 meter. Namun Nepal tidak pernah mengakui hal itu.

_

Siapa yang udah pernah mendaki Everest?

close

Gunung Everest Tiba-Tiba Bertambah Tinggi, Kok Bisa?

Search
close