Google Down: Gmail Hingga YouTube Sempat Tak Bisa Dibuka, Kantor Perwakilan Indonesia Bilang Begini

Google Down: Gmail Hingga YouTube Sempat Tak Bisa Dibuka, Kantor Perwakilan Indonesia Bilang Begini
access_time 10 bulan yang lalu

Ini respon dan penjelasan resmi dari kejadian Google down

Google down pada Senin (14,12) malam. Hampir semua layanan Google, dari Gmail, YouTube, GDrive hingga PlayStore tak bisa diakses.

Bukan cuma di Indonesia, hal serupa juga dikeluhkan netizen di Malaysia, Jepang, AS, juga negara-negara Eropa seperti Inggris, Hungaria, Italia, hingga Spanyol.

Baca juga: 5 Mural Pemecah Rekor Dunia: Ada yang Habiskan Hingga 850 Ribu Liter Cat!

Penyebab Google down

Tak lama berselang, Google Indonesia pun angkat suara. Mereka menyebut, gangguan itu terjadi karena adanya “masalah kuota penyimpanan internal.”

Hari ini (Senin), pukul 03:47 pagi PT (18:47 WIB) Google mengalami gangguan sistem autentikasi selama sekitar 45 menit karena masalah kuota penyimpanan internal. Layanan yang mengharuskan pengguna untuk log in mengalami tingkat kesalahan tinggi selama periode ini,” jelas Google Indonesia, dikutip dari Kumparan.

Masalah sistem autentikasi diselesaikan pada jam 04:32 pagi PT (19:32 WIB). Semua layanan sekarang telah dipulihkan. Kami meminta maaf kepada semua orang yang terpengaruh, dan kami akan melakukan peninjauan tindak lanjut secara menyeluruh untuk memastikan masalah ini tidak terulang di masa mendatang.

Baca juga: Turis Ini Buang Motor ke Laut Demi Konten, Dapat Kecaman dari Netizen

Lima kali gangguan pada lima bulan terakhir

Dalam kurun waktu lima bulan terakhir, Google terpantau sudah beberapa kali tumbang.

Dimulai dari tanggal 20 Agustus dimana Gmail, Google Meet, YouTube, Drive, hingga Google Docs sempat tumbang selama 6 jam di beberapa negara.

Setelah itu, tanggal gangguan terjadi pada tanggal 25 September pada layanan Google Meet, Google Classroom, Google Drive, hingga Google Docs hingga membuat proses belajar terhenti.

Gangguan kembali terjadi pada 7 Oktober pada layanan Gmail, YouTube dan Google Docs juga pada 12 November pada layanan YouTube.

Google Is Down Right Now & Now Google Is Back

close

Google Down: Gmail Hingga YouTube Sempat Tak Bisa Dibuka, Kantor Perwakilan Indonesia Bilang Begini

Search
close