Festival Film Busan 2020 Diundur, Tamu Internasional Dilarang Masuk!

access_time 1 bulan yang lalu

Masih berusaha mengurangi angka kasus Covid-19 di Korea Selatan, BIFF ditunda dua pekan.

Pandemi virus corona masih berlangsung di beberapa negara menyebabkan penyelenggaraan sebuah acara besar terpaksa ditunda terlebih dahulu. Salah satunya adalah Busan International Film Festival (BIFF) 2020 yang ikut diundur.

Namun pengunduran jadwal BIFF 2020 tidak begitu lama. Awalnya direncanakan akan mulai pada 7-16 Oktober 2020, kini diundur menjadi 21-30 Oktober 2020.

Apa alasannya?

Kasus Covid-19 di Korea Selatan Masih Tinggi

via CNN Indonesia

Diundurnya selama dua pekan Festival Film Busan 2020 ini dikarenakan peningkatan jumlah kasus harian Covid-19 di Korea Selatan masih sangat tinggi. Penyelenggara acara pun mengatakan punundaan ini demi menghindari peningkatan kasus yang signifikan saat liburan Chuseok.

Chuseok sendiri adalah hari bulan purnama atau festival panen yang menjadi hari libur nasional di Korea Selatan. Biasanya Chuseok dirayakan pada 1 Oktober, namun warga setempat sudah libur sejak 30 September sampai 2 Oktober.

Tidak hanya itu, panitia BIFF 2020 juga membatalkan semua acara di outdoor seperti upacara pembukaan, penutupan, sampai jumpa penggemar di luar ruangan untuk sesi bincang-bincang. Hal tersebut untuk mencegah terjadinya keramaian.

Tidak Ada Tamu Internasional

via Ibtimes

Dikutip dari Korea Herald, BIFF 2020 juga tidak akan didatangi tamu internasional. Sayang sekali, padahal sineas film internasional adalah kunci utama dalam festival film tahun ini.

Nantinya film-film yang terpilih dalam BIFF 2020 ini akan diputar eksklusif di Busan Cinema Center. Sementara itu, beberapa program dalam acara ini akan dilangsungkan secara online, seperti Asia Contents & Film Market, Asia Project Market, dan BIFF Forum.

Busan International Film Festival adalah salah satu festival film terbesar di Asia. Perannya pun sangat besar karena mampu mempromosikan dan mendukung sineas-sineas baru untuk berkembang di industri perfilman.

_

Sayang sekali penyelenggaraan acara BIFF 2020 tidak bisa dimeriahkan secara bersama-sama. Padahal biasanya acara ini bisa didatangi sekitar 200 ribu orang dari seluruh dunia untuk melihat festival film ini.

Gimana tanggapan Lo?

close

Festival Film Busan 2020 Diundur, Tamu Internasional Dilarang Masuk!

Search
close