Drummer Rolling Stones Charlie Watts Meninggal Dunia di Usia 80 Tahun

Drummer Rolling Stones Charlie Watts Meninggal Dunia di Usia 80 Tahun
access_time 4 minggu yang lalu

Charlie Watts, alias drummer dari band legendaris “Rolling Stones” meninggal dunia di usia 80 tahun. Selama hampir 60 tahun ia sudah menggerakkan ritme musik dari band tersebut.

Kabar ini salah satunya datang dari keterangan yang Rolling Stones bagikan lewat Instagramnya. Menurut pihak band, sang drummer meninggal dunia dengan tenang di antara keluarga yang berkumpul di sekelilingnya.

Dengan kesedihan yang sangat besar kami mengumumkan meninggalnya Charlie Watts yang kami cintai. Ia pergi dengan damai di London Hospital hari ini, dikelilingi keluarganya.” tulis keterangan itu.

Charlie adalah suami, ayah, dan kakek yang tersayang, serta sebagai anggota Rolling Stones, ia adalah salah satu drummer paling hebat di generasinya.” lanjut tulisan tersebut.

Charlie Watts: anak jazz yang jadi drummer band rock Rolling Stones

Drummer Rolling Stones Charlie Watts Meninggal Dunia di Usia 80 Tahun
via Getty Images

Lahir pada tahun 1942, Watts tumbuh besar di Wembley, barat laut London, dan Kingsbury. Di usia remaja, kecintaannya pada musik bermula dari jazz.

Mulai dari swing sampai bebop era, ia main drum dengan iringan musik jazz saat mendapat drum kit pertamanya.

Hingga pada tahun 1963, sang drummer bergabung bersama Mick Jagger dan Keith Richards dalam bandnya, the Rolling Stones. Konsisten dengan four-drum setup-nya yang minimalis (tidak seperti set multi-instrument kebanyakan grup rock), ia memberi backbeat yang tak rumit di setiap albumnya, mulai 1964.

Aku kagum sama beberapa orang yang melakukan solo drum, tapi aku lebih suka drummer yang bermain bersama band. Tantangan dalam rock’n’roll adalah keteraturannya. Tugasku adalah membuat suara dance – harus swing dan bounce.” katanya, mengutip The Guardian.

Hingga kini, Watts jadi salah satu drummer rock paling hebat — dan paling bergaya — sepanjang masa.

Belasungkawa dari para kawan musisi

Mick Jagger, dalam hal ini, menyampaikan belasungkawa untuk Watts hanya dengan postingan foto teman band-nya tersenyum main drum, tanpa kata-kata.

Selanjutnya, Keith Richerds pun memposting sebuah gambar drum kit kosong dengan tulisan ‘closed‘.

Selain itu, ada pula Ringo Starr dari The Beatles, yang menuliskan:

Tuhan memberkati Charlie Watts, kami akan merindukanmu, kawan. Damai dan kasih untuk keluarga.” kata Starr.

Ia adalah orang yang baik. Aku tahu ia sakit, tapi tak tahu kalau sesakit ini … Charlie adalah drummer rock yang keren … ” tulis Paul McCartney turut berbelasungkawa.

Rest in Peaceone of the greatest — most stylish — rock drummer, Charlie Watts.

Baca juga:

close

Drummer Rolling Stones Charlie Watts Meninggal Dunia di Usia 80 Tahun

Search
close