Do’s and Don’ts Idul Fitri Saat Pandemi, Begini Tipsnya!

Lebaran Idul Fitri di pandemi
access_time 5 bulan yang lalu

Do’s and Don’ts: Merayakan Idul Fitri penuh berkah di tengah pandemi

Idul Fitri sebentar lagi, tiba saatnya bagi umat muslim untuk ngerayain hari kemenangan setelah satu bulan penuh ngejalanin puasa Ramadan. Gak kerasa, ini tahun kedua bagi kita untuk rayain lebaran di masa pandemi Covid-19. Walaupun begitu, hari fitri ini masih tetap bisa Lo jalanin dengan rasa syukur dan suka cita tanpa ninggalin protokol kesehatan, kok.

Dalam segmen Do’s and Don’ts kali ini, kita bakal bahas tentang lebaran di tengah pandemi tahun ini, dan gimana Lo bisa tetap nikmatin hari penuh berkah dengan aman.

Mulai dari tips belanja keperluan lebaran, sampai silaturahmi jarak jauh, yuk kita bahas!

Belanja keperluan Lebaran, rencanain se-matang mungkin

Ilustrasi belanja Idul Fitri
via Giphy

Waktu Idul Fitri kadang identik dengan belanja. Mulai dari bahan makanan, kue-kue, sampai baju lebaran, udah jadi budaya yang nempel banget. Di tengah pandemi gini, lebih baik kita manfaatin fitur online shopping.

Tapi, kalau Lo memang perlu banget pergi ke luar (terutama ke mall) untuk belanja lebaran, sebisa mungkin bikin rencana shopping list. Jadi gak ada yang kelupaan untuk Lo beli, dan gak berlu bolak-balik ke tempat ramai penuh orang itu.

Soalnya, ngeri juga denger berita kalau tempat-tempat perbelanjaan penuh sesak dengan orang-orang yang tetep kekeuh belanja langsung. Jadi, stay safe aja.

Saling kirim parsel Idul Fitri dengan orang-orang tersayang

Hampers idul fitri, bisa berisi kue-kue
via Tumblr

Walaupun harus seminimal mungkin untuk ketemu langsung, kehangatan silaturahmi tetap bisa Lo rasain, kok. Salah satunya, dengan cara saling kirim parsel Idul Fitri. Kalau sekarang sih, orang-orang sebutnya ‘hampers‘.

Hampers ini bisa Lo isi pakai kue-kue, mau buatan sendiri ataupun beli, sah-sah aja. Selain itu, Lo juga bisa isi hampers pakai pernak-pernik lain, misalnya cangkir, atau apapun itu. Yang penting, bisa nunjukkin perhatian ke orang-orang yang Lo sayangi.

Zakat Fitrah online, tinggal transfer, cashless

Zakat Fitrah Online ilustrasi
via Giphy

Menjelang lebaran, bakal lebih kerasa berkahnya saat kita mengeluarkan sedikit dari yang kita punya untuk berbagi. Dalam Islam, Zakat Fitrah adalah salah satu cara kita ‘membersihkan’ harta.

Kalau biasanya bayar zakat harus ke masjid, sekarang bisa juga melalui pembayaran online. Bahkan, ada juga marketplace yang nyediain fitur ini. Tapi, jangan lupa untuk baca-baca lagi tentang syarat-syaratnya, supaya zakat yang Lo bayar itu sah.

Begitu tips yang bisa Gue bagiin kali ini. Mana yang udah Lo jalanin?

Baca juga:

close

Do’s and Don’ts Idul Fitri Saat Pandemi, Begini Tipsnya!

Search
close