DKI Jakarta Izinkan Konser Digelar Lagi, Ini Syaratnya!

access_time 1 tahun yang lalu

Kabar gembira, buat lo yang kangen nonton konser, Jakarta sudah mengizinkannya kembali!

Selama masa pandemi corona, berbagai kegiatan luar ruangan terpaksa harus diundur, bahkan sampai dibatalkan. Salah satu yang paling terlihat adalah konser dan festival musik.

Nah, ada kembira buat lo yang suka datang ke konser dan festival karena DKI Jakarta sudah mengizinkannya untuk digelar lagi!

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta melalui Surat Keputusan Nomor 140 tahun 2020 telah resmi memperbolehkan terselenggaranya kegiatan pertunjukan dan konser di luar ruangan pada masa perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi ini.

Namun, kembali diperbolehkan terselenggaranya konser dan pertunjukan di luar ruangan ini harus mengikuti beberapa aturan dan syarat yang telah ditetapkan.

Apa syaratnya?

via Billboard

Konser dapat terselenggara kembali selama masa PSBB Transisi ini asalkan mereka punya konsep drive-in. Hal ini telah dikonfirmasi langsung oleh Kepala Dinas Parekraf DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia.

Boleh, tapi sementara skalanya yang drive-in dulu. Sudah boleh dari tanggal 7 Juli 2020 kemarin,” kata Cucu dilansir dari Detikcom.

via Giphy

Oleh karena itu, para penonton konser harus berada di dalam mobil selama pertunjukan atau konser berlangsung.

Tidak hanya mengeluarkan aturan untuk para penyelenggara acara, Dinas Parekraf DKI Jakarta juga membuat aturan untuk para penonton. Antara lain harus menggunakan masker, jaga jarak antar kendaraan, sampai penonton harus mematuhi aturan menghidupkan dan menyalakan mobil sesuai aturan dari penyelenggara.

Konser konsep drive-in

via IQ Magazine

Dengan munculnya aturan ini, para penyelenggara acara langsung bergegas untuk mengubah konsep acara mereka menjadi drive-in konser.

Salah satu yang telah merancang dan akan melakukannya adalah Berlian Entertainment. Mereka telah mengumumkan bahwa Kahitna akan merayakan 34 tahun perjalanan karir bermusiknya dalam konser drive-in.

Konsep drive-in itu kami develop sudah lama. Kami mengumumkan progresnya mengikuti perkembangan dari pemerintah dulu. Sekarang kan sudah officially dari pihak Pemprov sudah declare,” kata Dino Hamid dari Berlian Entertainment.

via The Mercury News

Ada pula nanti pembeli tiket yang ada dalam satu mobil tersebut diharuskan berasal dari keluarga atau komunitas yang sama. Satu mobil pun hanya boleh diisi maksimal empat orang saja.

Mengingat bentuk mobil yang berbeda-beda, pihak penyelenggara pun juga menetapkan aturan tinggi mobil maksimal dua meter supaya semuanya bisa menonton konser dengan adil dan nyaman.

_

Sebelumnya, di Inggris juga telah muncul inisiatif untuk membuat konser dengan konsep social distancing.

Baca selengkapnya di sini: Konser Social Distancing Pertama akan Dibuka di Inggris

close

DKI Jakarta Izinkan Konser Digelar Lagi, Ini Syaratnya!

Search
close