Dewa Kipas vs Irene Sukandar Jadi Laga Catur dengan Penonton Terbanyak di Dunia!

access_time 4 bulan yang lalu

Pertandingan catur antara Dewa Kipas dan Irene Sukandar berhasil menyita perhatian publik beberapa minggu terakhir. Bahkan, pertandingan persahabatan tersebut sampai mencatat rekor dunia.

Disiarkan secara live streaming melalui kanal YouTube Deddy Corbuzier, pertandingan ini menembus angka lebih dari satu juta penonton.

Pertandingan Dewa Kipas dan Irene Sukandar Catat Rekor Dunia!

Dewa Kipas vs Irene Sukandar
YouTube / Deddy Corbuzier

Melansir Chess.com, pertandingan persahabatan antara Dewa Kipas (Dadang Subur) dan Irene Sukandar mencatat rekor dalam sejarah dunia catur. Dengan lebih dari satu juta penonton, pertandingan ini jadi laga yang paling banyak ditonton dalam sejarah.

Pertandingan antara Sukandar dan Subur memuncak pada 1,25 juta penonton bersamaan di YouTube atau sekitar 10 kali lipat dari laga catur yang paling banyak ditonton dalam sejarah, seperti Classical World Championship dan Pogchamps,

Baca juga:

Duel ini merupakan puncak dari kejadian luar biasa yang berlangsung selama tiga minggu terakhir. Nama Dewa Kipas sendiri kian terdengar setelah mendadak diblokir dari Chess.com.

Dewa Kipas yang bernama asli Dadang Subur ini pun berstatus pecatur amatir dan dianggap melakukan kecurangan saat mengalahkan IM Levy Rozman alias GothamChess. Alhasil, netizen Indonesia pun berbondong-bondong mendukung Subur.

Kritik Irene Sukandar Terhadap Dadang Subur

Dewa Kipas vs Irene Sukandar
YouTube / Deddy Corbuzier

Setelah hiruk pikuk pemblokiran akun Dewa Kipas, Irene Sukandar yang juga Grand Master catur di Indonesia ini pun mengirimkan surat terbuka yang berisi kritik terhadap Subur. Menurutnya, Subur telah mencoreng wajah pecatur Indonesia dengan kecurangannya.

Alhasil, dirinya bertemu pada pertandingan persahabatan yang diwadahi oleh Deddy Corbuzier melalui kanal YouTube-nya. Dengan subscriber sebanyak 13,8 juta orang itu, berhasil membuat pertandingan ini ditonton banyak orang.

Irene yang masuk dalam daftar lima besar pecatur terbaik Indonesia sukses mengalahkan Dadang Subur dengan skor 3-0. Pertandingan ini berlangsung dalam empat babak dengan permainan cepat selama 10 menit.

_

Gimana tanggapan Lo?

close

Dewa Kipas vs Irene Sukandar Jadi Laga Catur dengan Penonton Terbanyak di Dunia!

Search
close