Desa di Oman Kembali Muncul Setelah 30 Tahun Menghilang, Kok Bisa?

access_time 1 bulan yang lalu

Baru-baru ini negara Oman dikejutkan dengan munculnya sebuah desa secara tiba-tiba dari permukaan padang pasir. Kabarnya, desa tersebut bernama Wadi Al-Murr yang sudah menghilang selama 30 tahun.

Sejak kemunculannya, lokasi ini langsung dikunjungi wisatawan dan mantan penduduk desa tersebut. Kok bisa ya tiba-tiba muncul desa gitu?

Desa Wadi Al-Murr Muncul dari Padang Pasir

desa di oman
via TIMES

Dikutip dari kumparan, rupanya sejak 30 tahun lalu penduduk desa ini terpaksa harus meninggalkan rumahnya karena ditelan pasir. Kemudian para penduduk berpindah ke kota yang berbeda-beda untuk mencari tempat tinggal yang baru.

Nah, baru kali ini desa tersebut kembali muncul lagi ke permukaan meski baru bagian atap dan sedikit temboknya saja yang terlihat. Alhasil penduduk setempat ingin melihat bagaimana desa ini muncul kembali seperti menemukan harta karun dari dalam pasir.

desa di oman
via CNN Indonesia

Pada awal kemunculan, salah satu bangunan yang pertama kali muncul adalah masjid yang berada di tengah-tengah pedesaan. Masjid ini juga kemudian menjadi monumen kembalinya Wadi Al-Murr ke permukaan.

Uniknya, meski sudah ditelan pasir selama tiga dekade, tapi tembok dari rumah-rumah ini tetap berdiri kokoh. Sehingga mantan penduduk dari Wadi Al-Murr ini dapat bernostalgia kembali melihat tempat tinggalnya pada jaman dulu.

Sejarah Wadi Al-Murr

desa di oman
via Le Vif Weekend

Desa Wadi Al-Murr adalah salah satu lokasi di Oman yang cukup tertinggal dari peradaban. Hal ini karena sulitnya jaringan listrik dan air menuju lokasi tersebut, sehingga wilayah ini jadi lambat untuk mengikuti perkembangan zaman.

Pada puncak kejayaannya, lokasi ini punya 30 rumah yang diisi oleh 150 orang penduduk. Salah satunya adalah masjid yang berada di tengah atau pusat pedesaan sebagai tempat para penduduk beribadah.

Sejak kemunculan Wadi Al-Murr ke permukaan, diprediksi dapat meningkatkan industri pariwisata Oman. Terlebih lokasi ini sekarang menjadi spot foto favorit para fotografer.

_

Alam yang melenyapkan, alam pula yang mengembalikan.

close

Desa di Oman Kembali Muncul Setelah 30 Tahun Menghilang, Kok Bisa?

Search
close