Dentuman Misterius Terdengar di Amerika, Ada Suara Raungan Manusia!

access_time 1 bulan yang lalu

Beberapa hari lalu, warga Amerika Serikat dihebohkan dengan terdengarnya sebuah suara dentuman misterius. Tak tau dari mana asalnya, namun suaranya sampai membuat jendela rumah bergetar.

Rupanya, kejadian tersebut sudah dua kali terjadi dalam tiga minggu terakhir di AS. Lalu, dari mana asal suara kencang itu?

Dentuman Misterius di Amerika Serikat

Sama seperti apa yang dirasakan warga Indonesia sebelumnya, suara dentuman yang tidak tau dari mana asalnya terdengar begitu kencang. Pasalnya, suara tersebut muncul malam hari sehingga membuat warga khawatir akan terjadi sesuatu hal.

Begitu juga yang dirasakan warga Amerika Serikat, suara menggelegar di langit sontak bikin penduduk sekitar San Diego panik. Selain bikin jendela bergetar, seringkali suara ini diikuti oleh guncangan gempa yang menggetarkan tanah.

Baca juga:

Dentuman Misterius
Paradox

Dentuman mungkin sudah biasa, tapi beberapa penduduk justru mendengar raungan manusia. Apakah karakter manusia serigala di “Twilight Saga” benar-benar nyata?

Suara tersebut jelas berbeda dari dentuman. Raungan raksasa layaknya Godzilla sedang berteriak mampu didengat banyak orang.

Fenomena Dentuman Misterius

Dentuman Misterius
CNN Indonesia

Sebenarnya, fenomena ini tidak hanya terjadi di Amerika Serikat aja. Negara seperti Jepang, Belgia, bahkan Indonesia pun juga sempat merasakannya.

Khususnya warga Jakarta, Bandung, dan Malang mungkin masih ingat dengan kejadian suara misterius yang terdengar di langit setiap kota. Bahkan sampai sekarang pun tidak ada yang tau pasti dari mana suara itu berasal.

Penjelasan Ilmiah dan Teori Lainnya

Dentuman Misterius
iStock

Meski begitu, para ilmuwan penasaran dengan fenomena ini. Mereka pun menggunakan data seismik dari EarthScope Transportable Array (ESTA) untuk mengungkap suara-suara aneh yang sering terdengar di langit.

Secara umum, kami percaya ini adalah fenomena atmsofer. Kami tidak berpikir itu berasal dari aktivitas seismik,” kata Eli Bird, salah satu ilmuwan yang meneliti dikutip dariĀ Live Science.

Selain dianggap sebagai fenomena atmosfer, banyak orang yang juga membuat teori lain atas kejadian ini. Sejumlah hipotesis mengatakan dentuman tersebut disebabkan oleh ledakan sonik dari pesawat yang memecahkan penghalang suara.

Dari berbagai teori yang berkembang saat ini, yang paling masuk akal adalah bolides atmosfer. Hal ini adalah meteorid yang menghasilkan ledakan sonik dan benda langit itu tak terlihat, hanya suaranya aja.

_

Kalau menurut Lo, suara misterius kayak gitu asalnya dari mana sih?

close

Dentuman Misterius Terdengar di Amerika, Ada Suara Raungan Manusia!

Search
close