Delapan Ekor Singa di Kebun Binatang India Positif Covid, Ini Penjelasannya!

delapan ekor singa di India positif covid
access_time 5 bulan yang lalu

Lonjakan kasus positif Covid di India tidak berhenti sampai di manusia saja. Kabarnya, di tengah lonjakan ini sebanyak delapan ekor Singa Asiatik di Nehru Zoological Park (NZP) terkena Covid-19. Kasus ini mereka temukan setelah melihat beberapa gejala yang mencurigakan dari singa-singa tersebut.

The Centre for Cellular and Molecular Biology (CCMB) mengonfirmasi pada The New Indian Express bahwa singa-singa itu terdiri dari empat jantan dan empat betina. Mereka terkena varian lama virus Covid-19.

Setelah melihat beberapa gejala, mereka menemukan delapan singa positif Covid

Delapan Singa di India positif covid
via Shutterstock

Menurut laporannya, ini adalah kasus pertama singa di India positif Covid. Awalnya, para dokter hewan di kebun binatang tersebut menyadari adanya gejala ringan.

Delapan singa terlihat mengalami batuk kering, hidung ber-ingus terus-menerus, dan hilangnya nafsu makan. Dari situ, mereka mengambil swab dari saluran pernapasan kucing-kucing besar itu dan megnirimnya ke CCMB, melansir Channel News Asia.

Kami menerima info bahwa hampir seminggu lalu para singa menunjukkan gejala ringan, Setelah kami lakukan tes RT-PCR, ternyata delapan singa positif.” Direktur CCMB Rakesh Mishra menyatakan.

Delapan singa di Nehru Zoological Park positif Covid
via Getty Images

Selain itu, ia juga menambahkan bahwa mungkin saja virus pertama kali menyerang orang yang merawat singa tersebut yang lalu menularkannya.

Mishra menyatakan: “Kami sudah memberikan perawatan medis dan instruksi untuk pihak kebun binatang dalam menanganti para hewan. Dan juga, untuk memastikan hewan lainnya tidak ikut terinfeksi virus. Sejauh ini, singa-singa tersebut merespon pengobatannya dengan baik.

Sebaliknya, belum ada bukti penularan dari binatang ke manusia

The Lion King GIF

Pemerintah India menyatakan pada 4 Mei mengenai kabar ini, dan menambahkan bahwa belum ada bukti pasti bahwa binatang bisa menularkan penyakitnya ini ke manusia.

Berdasarkan pengalaman dengan hewan kebun binatang di bagian dunia manapun yang sudah mengalami positif SARS-COV2 tahun lalu, tidak ada bukti bahwa binatang bisa menularkan penyakit ke manusia.” Kementerian Lingkungan, Hutan, dan Iklim menyatakan.

Walau begitu, Nehru Zoological Park kini tutup sementara. Apalagi dengan adanya lonjakan kasus positif covid yang sudah mencapai 300.000 kasus per hari selama 13 hari berturut-turut.

Baca juga:

 

close

Delapan Ekor Singa di Kebun Binatang India Positif Covid, Ini Penjelasannya!

Search
close