Daftar Vaksin Covid-19 yang Siap Beredar di Indonesia, Berapa Harganya?

access_time 11 bulan yang lalu

Di situasi pandemi, kehadiran vaksin Covid-19 tentunya sangat dinanti-nantikan oleh semua orang. Termasuk di Indonesia, mungkin keberadaan vaksin ini jadi salah satu cara terbaik mengendalikan penyebaran virus ini.

Kabar terakhir, sebanyak 1,2 juta vaksin Sinovac telah mendarat di Indonesia. Selain Sinovac, kira-kira ada jenis apa lagi ya yang akan beredar di Indonesia?

Vaksin Covid-19 di Indonesia

vaksin covid-19
via Kompas

Dikutip dari Lifepal, sekiranya akan ada enam jenis vaksin yang akan beredar di Indonesia. Diantaranya sudah ada yang dipastikan kapan tersedianya, tapi ada juga yang masih dalam tahap uji klinis.

Nantinya akan tersedia jenis Sinovac (China), Pfizer (Belgia), Moderna (Amerika Serikat), AstraZeneca (UK), Sinopharm (China), dan Bio Farma (Indonesia). Beberapa diantaranya juga sudah diketahui efektivitasnya.

Untuk Sinovac, dapat memicu antibodi setelah mendapatkan empat kali suntikan. Sedangkan Pfizer, Moderna, dan AstraZeneca efektivitasnya masih kisaran 95 sampai 70 persen sesuai izin penggunaan darurat FDA.

Ketersediannya pun baru diketahui untuk Sinovac, Moderna, dan Bio Farma yang diestimasikan bakal tersedia di bulan Januari 2021 mendatang. Nah, kalau soal harganya gimana ya?

Estimasi Harga

Banyak orang mulai mempertanyakan berapa harga vaksin saat nantinya sudah tersedia. Ketakutan terbesar adalah harganya yang mahal, sehingga tidak bisa mendapat perlindungan ekstra dari Covid-19 ini.

Melanjutkan dari Lifepal, estimasi harga dari pencipta antibodi ini pun diusahakan sebisa mungkin terjangkau untuk masyarakat. Kisaran harganya untuk Sinovac sekitar Rp 200.000, Pfizer sekitar Rp 280.000, Moderna sekitar Rp 200.000, AstraZeneca sekitar Rp 56.000, dan Bio Farma sekitar Rp 200.000.

_

Menurut Lo, seharusnya berapa sih harga yang worth it buat sebuah vaksin?

close

Daftar Vaksin Covid-19 yang Siap Beredar di Indonesia, Berapa Harganya?

Search
close