Bongkahan Es Seukuran Los Angeles Terbelah dari Antartika!

access_time 9 bulan yang lalu

Sebuah temuan dari British Antartic Survey (BAS) mengumumkan ada bongkahan es yang terbelah dari Antartika. Mengejutkannya, bongkahan tersebut kabarnya memiliki ukuran sebesar kota Los Angeles.

Temuan dari BAS ini pun diberi nama North Rift saat terjadi 26 Februari 2021 kemarin. Kira-kira, apa penyebabnya?

Bongkahan Es Retak dari Antartika!

Massive iceberg breaks off from Antarctica - World News

Tak bisa dipungkiri, semakin bertambahnya hari, semakin parahnya juga kondisi iklim di Bumi ini. Sudah banyak elemen pendukung kehidupan yang justru menjadi korban atas perubahan iklim ini.

Hal itu lah yang menjadi penyebab terbelahnya bongkahan es tersebut. Namun, kabarnya semakin hari retakan North Rift semakin membesar sehingga terlalu jauh memisahkan diri dari Antartika.

Baca juga:

“Pemisahan bongkahan es ini sudah tidak dapat dihindari lagi, melihat kondisi bongkahan yang semakin hari semakin melebar,” kata ilmuwan dari BAS.

Kabar saat ini, BAS mengatakan kalau bongkahan tersebut tidak akan mengapung jauh dari patahan aslinya. Ini karena arus yang membawa es tersebut belum cukup kuat untuk menggerakan bongkahan tersebut – jelas saja orang sebesar kota Los Angeles.

North Rift

Bongkahan Es
North Rift

North Rift merupakan nama dari temuan memisahkan dirinya bongkahan es itu dari Antartika. Menurut laporan BAS, luas dari North Rift ini sendiri diperkirakan 1.270 km per kubik.

Ilmuwan mengatakan kalau kondisi iklim semakin parah setiap harinya, akan semakin banyak pula bongkahan raksasa yang membelah diri dari Antartika. Jika ini terjadi, permukaan air laut tentu akan semakin naik dan bencana alam diprediksi semakin banyak terjadi.

_

Nah, kalau permukaan laut semakin naik, nanti tempat kita tinggal akan tenggelam. Yuk, kita jaga lingkungan kita dari hal-hal yang sederhana!

close

Bongkahan Es Seukuran Los Angeles Terbelah dari Antartika!

Search
close