‘Blinding Lights’ Genap Setahun di Top 10 Billboard, Ini Faktanya!

access_time 7 bulan yang lalu

The Weeknd sekali lagi membuat sejarah dengan hit nomor satunya ‘Blinding Lights’. Kini, lagu tersebut sudah ‘anteng’ di top 10 dari Billboard Hot 100 selama 52 minggu.

Billboard melaporkan bahwa lagu ini berada di posisi ke-3 dari chart tersebut minggu lalu. Dan sekarang, lagu bergaya Synthwave ini menjadi lagu pertama dalam sejarah Hot 100 Billboard yang bertahan selama setahun di top 10.

‘Resep rahasia’ kesuksesan lagu Blinding Lights

The Weeknd Blinding Lights
Image via Getty/Kevin Mazur

Ritme dari lagu ini pasti sangat gak asing di telinga kita, mengingat kita bisa dengar lagu ini hampir di mana-mana. Hampir setiap radio seluruh dunia pernah setidaknya memainkan lagu ini. Pertanyannya adalah, ‘kok bisa sih?’. Gimana orang-orang bisa se-suka itu sama lagu The Weeknd ini?

Mengutip Trembol, ada tiga ‘formula rahasia’ yang bikin Blinding Lights sesukses sekarang. Pertama, musik ’80-an yang kembali. Lagu ini emang bergaya eighties banget dengan synth-nya dan aesthetic yang brilian.

The Weeknd's 'Blinding Lights'
via Billboard

Kedua, Max Martin adalah produsernya. Dia adalah salah satu komposer dan produser paling berprestise di ranah musik kontemporer. Siapa yang gak tau karya-karya hitsnya seperti ‘Baby One More Time’ – Britney Spears, ‘I Kissed a Girl’ – Katy Perry, ‘It’s My Life’ – Bon Jovi, sampai ‘I Can’t Feel My Face’ dari starboy kesayangan kita The Weeknd.

Terakhir, kesuksesan berasal dari media sosial paling nge-tren saat ini, TikTok. Adanya challange dengan tagar #blindinglightschallenge bikin orang-orang makin antusias buat mainin lagu ini. Jadi, pantas saja kalau ‘Blinding Lights’ bisa awet di Billboard chart.

Penguasa chart Billboard Hot 100, tapi gak masuk Grammy 2021?

The Weeknd
The Weeknd at AMA. Image via Getty

Lagu yang juga menduduki posisi di top 10 yang cukup lama setelah lagu The Weeknd tadi adalah ‘Circle’ oleh Post Malone selama 39 minggu.

Faktanya, ‘Blinding Lights’ juga sempat bertahan di top 5 selama 43 minggu. Kalau kita hitung totalnya, lagu ini sudah berada di Hot 100 65 minggu lamanya, dan bisa ngalahin ‘Radioactive’ yang bertahan 87 minggu.

Walaupun begitu, lagu ‘penguasa top 10’ ini gak mendapatkan nominasi apapun di Grammy 2021. Pada interview baru-baru ini, The Weeknd bilang bahwa ia terkejut gara-gara hal itu. “Kita udah lakuin semuanya dengan benar, ku pikir,” katanya.

Aku bukan orang yang sombong dan arogan. Orang-orang bilang aku bakal dapat nominasi. Dunia bilang ke aku. Seperti, ‘ini dia: ini tahunmu.’ makanya kami semua bingung banget.” katanya dengan kecewa.

Baca juga:

close

‘Blinding Lights’ Genap Setahun di Top 10 Billboard, Ini Faktanya!

Search
close