Barry Likumahuwa Padukan Jazz dan Hip Hop dalam Single “Nona Manis”

access_time 7 bulan yang lalu

Bassist bergenre jazz, Barry Likumahuwa baru saja merilis single terbarunya berjudul Nona Manis. Dirilis pada 5 Februari 2021 kemarin, lagu ini berusaha menggabungkan nuansa jazz dan hip hop di dalamnya.

Keberhasilan aransemen musik cross-genre ini juga berkat sejumlah kolaborator yang terlibat dalam karya terbarunya ini. Seperti apa lagunya?

Nona Manis – Barry Likumahuwa

Barry Likumahuwa
via Spotify

Setelah merilis single Focus pada 2020 lalu, kini Barry memulai tahun 2021 dengan lagu Nona Manis. Lagu ini menjadi buah kolaborasi dengan RASCALS dan Matthew Sayerz.

Lagu ini pun ditulis oleh Barry sendiri dan terinspirasi oleh sang istri, Adinda Shalahita yang memang sering ia sapa dengan sebutan ‘Nona Manis‘. Istilah ini sendiri juga merujuk pada seorang gadis cantik yang diambil dari bahasa Melayu Maluku.

Barry Likumahuwa
via ERA.ID

Nuansa hip hop ala 90-an pun tercipta berkat kepercayaan Barry dalam membuat beat kepada Indra Prfof (Prof. D). Makanya lagu ini seakan seperti mendengar lagu dari Dr. Dre atau 2Pac, namun dipadukan dengan identitas jazz khas Barry Likumahuwa.

Selain itu sosok Matthew juga menjadi pelengkap dari lagu ini dengan karakter suaranya yang khas. Terlibatnya Matthew juga sekaligus jadi reuni setelah satu dekade tidak berkolaborasi lagi dengan Barry Likumahuwa Project (BLP).

Pakai Alat Musik Tradisional

Barry Likumahuwa
via Backpacker Jakarta

Uniknya, lagu Nona Manis juga turut mendapatkan sentuhan dari alat musik tradisional. Sejalan dengan lagu bernuansa Maluku, mereka menggunakan Tifa sebagai pemanis yang direkam oleh Georgie Tanasale.

Terlihat Barry sangat ingin mengeksplorasi seluruh kebudayaan Maluku ke dalam lagu terbarunya ini. Terlebih saat sang ayah, Benny Likumahuwa telah meninggal dunia pada 2020 lalu, ia perlu meneruskan perjuangan tersebut akan kecintaan dengan Indonesia Timur.

_

Seru banget dengerin musik jazz campur hip hop, apalagi ada sentuhan Indonesia Timur yang semakin menghidupkan lagunya.

Dengarkan Nona Manis yang sudah tersedia di seluruh platform musik digital.

close

Barry Likumahuwa Padukan Jazz dan Hip Hop dalam Single “Nona Manis”

Search
close