Bangun Stadion Dalam Penjara, Geng Ini Tidak Dilarang Oleh Sipir! Kok Bisa?

Bangun Stadion Dalam Penajara, Geng Ini Tidak Dilarang Oleh Sipir! Kok Bisa?
access_time 3 bulan yang lalu

Bangun stadion dalam penjara, geng tserbut tidak dilarang oleh sipir! Fasilitas stadion berstandar internasional!

Sebuah stadion baseball mewah terpantau dari citra satelit dan rekaman video amatir menggegerkan negeri Venezuela di Amerika Latin.

Pasalnya stadion tersebut berada di kawasan lapas berpengamanan level maksimum. Namun setelah di selidiki, pihak yang membiayai pembangunan stadion tersebut adalah jaringan geng yang paling disegani.

Lebih mencengangkan lagi, stadion itu dilengkapi pencahayaan standar internasional dan berbagai fasilitas lain, seperti kamar ganti yang mewah.

Bangun stadion dalam penjara = simbol kekuasan geng kriminal

Meski demikian, temuan ini membuat masyarakat Venezuela yang marah, alasanya karena selama 10 tahun terakhir mereka dilanda kris ekonomi parah.

Selain itu, banyak yang menilai bahwa kejadia tersebut merupakan simbol betapa kuatnya geng kriminal. Bahkan melebihi otoritas hukum dan pemerintah.

Pada kenyatannya kelompok kriminal yang membangun stadion baseball dalam penjara adalah Tren de Aragua. Geng tersebut memuliki jaringan yang sangat luas dan beranggotakan napi seantero Venezuela.

Ini betulan stadion, bisa menggelar pertandingan malam hari,” demikian seperti terdengar pada rekaman video amatir yang beredar.

Saking bagusnya stadion tersebut, media lokal di Venezuela bahkan menyebut lapangan itu lebih baik dibanding stadion milik klub profesional di negara mereka.

Kekuasaan besar anggota geng dalam penjara bukanlah hal baru di Amerika Latin

Melansir Vice, kekuasaan besar anggota geng dalam penjara Amerika Latin bukanlah hal baru. Di Venezuela, khususnya, geng merupakan penguasa sejati penjara.

Mereka bahkan mengelolanya seakan-akan kota kecil yang mandiri. Salah satunya pada praktik yang terbongkar 2016 silam, di mana penjara itu menyediakan AC dan TV satelit pada beberapa sel.

Bangun Stadion Dalam Penajara, Geng Ini Tidak Dilarang Oleh Sipir! Kok Bisa?
via We Heart It

Lapas Aragua sendiri yang menjadi lokasi ‘stadion megah’, diduga jua memiliki kolam renang pribadi dan diskotek untuk napi. Namun informasi tersebut masih belum dapat dipastikan.

Ironisnya, berada dalam penjara seolah menjadi kondisi yang ‘lebih baik’ bagi para anggota geng dibanding berbuat onar dan bisnis narkoba di perbatasan. Bahkan, stadion yang viral itu menjadi alasan napi enggan keluar dari penjara.

Stadionnya mirip sama standar liga MLB!

close

Bangun Stadion Dalam Penjara, Geng Ini Tidak Dilarang Oleh Sipir! Kok Bisa?

Search
close