Bali: Turis Asing di Pulau Dewata Jadi Yang Terendah Dalam 1 Dekade Terakhir

Bali: Turis Asing di Pulau Dewata Jadi Yang Terendah Dalam 1 Dekade Terakhir
access_time 7 bulan yang lalu

Jumlah turis asing di Bali anjlok!

Bali merasakan dampak pandemi yang cukup hebat.

Sebagaimana yang lo sudah tau, penyebaran virus covid-19 memaksa pemerintah untuk menerapkan pembatasan perjalanan ke pulau tersebut hingga setahun terakhir.

Akibatnya, jumlah turis asing di pulau tersebut anjlok hingga 1 juta saja dalam setahun. Angka tersebut, jadi jumlah turis terendah dalam 10 tahun terakhir.

Baca juga: Elon Musk, Sang “Tony Stark Dunia Nyata” Yang Juga Jadi Kolektor Meme

Jumlah turis asing di Bali menurun lebih dari 80 persen

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut, jumlah turis asing dipulau Dewata pada tahun 2020 menurun hingga 83 persen dibanding tahun 2019.

Jumlah kedatangan turis terbesar masuk dari 3 bulan pertama tahun 2020. Angka tersebut mulai menurun drastis pada bulan Maret, ketika kasus covid-19 muncul di Indonesia.

Indonesia pun mulai membatasi kedatangan dari luar negeri pada tanggal 2 April 2020. Hal tersebut pun tentu membuat jumlah turis kian menyusut.

Hingga tanggal 1 Februari, jumlah kasus covid-19 di Bali mencapai 26.557 kasus.

Baca juga: Demon Slayer Season 2 Dipastikan Akan Tayang Tahun Ini

Indonesia bebas covid-19 pada 17 Agustus 2021?

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengumumkan target terbaru untuk Indonesia bisa mengendalikan pandemi Covid-19.

Target kita adalah pada 17 Agustus yang akan datang kita harus betul-betul terbebas dari Covid. Artinya Covid betul-betul pada posisi yang dapat dikendalikan,” tutur Doni dalam rapat kordinasi yang digelar secara virtual di kanal YouTube Pusdalops BNPB.

Doni mengatakan pemerintah daerah juga harus melibatkan masyarakat dalam menangani covid-19. Menurutnya, masyarakat bisa bersama-sama mencari cara terbaik menanggulangi pandemi.

close

Bali: Turis Asing di Pulau Dewata Jadi Yang Terendah Dalam 1 Dekade Terakhir

Search
close