🥗 4 Bahan Makanan Unik, Sudah Pernah Coba?

bahan makanan
access_time 5 bulan yang lalu

Sejak dulu, kuliner unik selalu saja menarik perhatian. Baik dari segi rasa sampai dengan tampilannya. Namun, kali ini artikel tidak akan membahas lebih lanjut tentang kuliner uniknya, melainkan bahan makanan tak biasa yang mungkin belum pernah kamu tahu sebelumnya. Penasaran kan apa saja? Simak ulasannya di bawah ini, yuk. 

Jengger Ayam 

bahan makanan
Via: Pixabay

Pertama, ada jengger ayam. Yap, salah satu bagian dari ayam ini ternyata bisa dikonsumsi, lho. Menurut masyarakat yang sudah pernah mencobanya, jengger ayam ini teksturnya mirip dengan jamur kuping. Artinya, sangat kenyal seperti agar-agar. Mungkin bagi banyak orang, bahan makanan ini baru saja ada di dunia, padahal jengger ayam sudah menjadi kuliner sejak abad 16 di Perancis. Lalu, yang pertama kali mempopulerkan adalah Ratu Catherine de Medici yang menikah dengan Raja Perancis. 

Namun, di Indonesia, jengger ayam masih tergolong jarang untuk dijadikan bahan kuliner. Kebanyakan ditemukan di wilayah Jepang dan China. Oh iya, jengger ayam ini ternyata punya manfaat yang luar biasa, lho. Adanya kandungan hyaluronic yang dapat mencegah penuaan dini dan baik untuk kejantanan. 

Kaktus 

bahan makanan
Via: IDN Times

Siapa sangka kalau kaktus ternyata bisa dikonsumsi, lho. Kamu bisa menemukan kaktus sebagai bahan makanan utama di Negara Meksiko. Namun yang dipakai bukan kaktus sembarangan. Jenis yang dipilih adalah Nopale dengan perpaduan rasa antara asin dan asam. Di negara tersebut, Nopale diolah dengan berbagai macam cara. Seperti untuk makanan utama, pembuka, salad, ataupun isian tortilla. 

Kerennya lagi, tanaman berduri ini ternyata punya banyak manfaat untuk tubuh. Antara lain bisa mengendalikan gula darah sekaligus meningkatkan glikogen pada otot dan hati, dinukil dari jurnal ISRN Pharmacology. Kemudian, bisa menurunkan berat badan karena adanya kandungan vitamin B kompleks untuk mempercepat laju metabolisme. 

Dandelion 

Via: Southern Living

Kemudian, ada Dandelion yang ternyata juga dapat dijadikan bahan makanan. Bunga cantik ini mengandung banyak sekali manfaat untuk tubuh. Seperti vitamin A, B, C, D serta mineral termasuk potassium, zat besi, dan beta-karoten.

Untuk rasanya sendiri, Dandelion punya citarasa yang pahit. Sehingga bunga ini dicampur ke beberapa hidangan. Contohnya seperti smoothies, salad, dan sup. Lalu, biasanya juga dipakai untuk hiasan hidangan gurih, antara lain risotto dan pasta. 

Cangkang telur 

Via: Bibit Unggul

Bahan lainnya ada cangkang telur. Ya, ternyata bagian dari telur yang sering dibuang ini bisa dimanfaatkan menjadi bahan makanan. Namun, perlu diolah terlebih dulu. Caranya adalah rebus cangkang telur dan kalau sudah panggang dalam oven dengan suhu 200 derajat Fahrenheit selama 10 – 15 menit. Lalu, blender atau tumbuk cangkang telur sampai halus. Untuk penggunaannya, kamu bisa menambahkannya pada adonan pizza, roti, dan spaghetti. Bisa juga sebagai pengganti dari chia seed. 

Cangkang telur punya banyak manfaat untuk tubuh. Antara lain memenuhi kebutuhan kalsium harian yang tentu dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kemudian, bisa menjaga kesehatan persendian karena mengandung kolagen. 

Itulah beberapa bahan makanan unik yang belum banyak orang tahu. Meskipun agak aneh, tapi masing-masing mempunyai berbagai macam manfaat untuk tubuh. Dari yang bisa mencegah penuaan dini sampai dengan menjaga kesehatan tulang. Nah, apakah kamu tertarik untuk mencoba salah satunya? 

close

🥗 4 Bahan Makanan Unik, Sudah Pernah Coba?

Search
close