Awet Muda: Obat Anti Tua Sudah Ditemukan Ilmuwan?

Awet Muda: Obat Anti Tua Sudah Ditemukan Ilmuwan?
access_time 1 tahun yang lalu

Hasil penelitian ini nantinya akan dikembangkan sebagai terapi untuk memperpanjang umur manusia

Tambah tua memang sesuatu yang nggak bisa dihindari, tapi proses penuaan ternyata bisa diperlambat.

Dugaan tersebut bisa diperkuat berkat penelitian dari para ilmuwan di University of California San Diego (UCSD) yang mempelajari penuaan dalam ragi untuk memahami apakah sel-sel yang berbeda menua pada tingkat yang sama.

Ragi dipilih karena sel-selnya mudah dimanipulasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, para peneliti menemukan bahwa sel-sel yang terbuat dari bahan genetik yang sama dan dalam lingkungan yang sama, menua dalam cara yang sangat berbeda.

Steve Buscemi 30 Rock GIF by George Rios | Gfycat

Source: Gfycat

Para ilmuwan teliti ragi dengan permodelan komputer

Dalam risetnya, ilmuwan mempelajari sekitar setengah dari sel-sel ragi menua karena penurunan bertahap dalam nukleolus (bagian anak inti sel). Penelitian ini menggunakan teknik mikrofluida (dengan pipa skala mikrometer) dan pemodelan komputer.

Untuk memahami bagaimana sel membuat keputusan ini, kami mengidentifikasi proses molekuler yang mendasari setiap rute penuaan dan koneksi di antara mereka,” kata Nan Hao, penulis senior dari studi dan seorang profesor di divisi bagian biologi molekuler ilmu biologi UCSD.

Baca juga: Berdasarkan Penelitian, Inilah Jumlah Gaji yang Harus Dimiliki Per Tahun untuk Bisa “Bahagia”

Young people GIFs - Get the best gif on GIFER

Source: Gifer

Hasil penelitian ini akan dikembangkan menjadi terapi ke manusia

Hasil penelitian terhadap sel ragi ini nantinya akan dikembangkan dan diuji ke model sel yang lebih kompleks, organisme hingga manusia dalam bentuk terapi.

Studi kami meningkatkan kemungkinan merancang terapi berbasis gen atau kimia secara rasional untuk memprogram ulang bagaimana sel-sel manusia menua, dengan tujuan untuk secara efektif menunda penuaan manusia dan memperluas kesehatan manusia,” lanjut Hao.

The Young People Will Bring Peace For Us GIFs - Get the best GIF ...

Source: Giphy

Bukan cuma itu, para ilmuwan juga akan menguji bagaimana kombinasi terapi dan obat-obatan dapat mengarah pada umur panjang lebih lanjut.

Penuaan adalah pertanyaan biologis mendasar. Kami hanya tahu sedikit tentang proses penuaan,” tutur Hao

Ketika menyoal tentang relevansi medis, penuaan berhubungan dengan banyak penyakit. Sehingga jika kita dapat membantu memperlambat penuaan atau mempromosikan umur panjang, itu akan bermanfaat bagi masyarakat.”

Baca juga: Kangen Band Jadi Objek Penelitian Profesor di Malaysia, Apa yang Dipelajari?
close

Awet Muda: Obat Anti Tua Sudah Ditemukan Ilmuwan?

Search
close