Awan Berbentuk Kapal Selam Muncul di Bali, Ini Menurut Para Ahli!

access_time 2 minggu yang lalu

Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan video kemunculan awan berbentuk kapal selam. Diketahui fenomena alam itu terjadi di kawasan Sanur, Bali.

Kejadian ini sontak bikin warga sekitar heboh mengingat kita baru saja berduka atas tenggelamnya KRI Nanggala-402. Apa kata ahli tentang fenomena alam ini?

Fenomena Alam Awan Berbentuk Kapal Selam

Awan Berbentuk Kapal Selam
Arik Andrawan

Video viral tersebut merupakan hasil rekaman dari seorang warga bernama Arik Andrawan. Ia merekam awan tersebut pada Minggu (25/4) pukul 05.00 WITA ketika sedang menunggu sunrise di Sanur, Bali.

Dalam video tersebut, ia turut menuliskan “Mirip kapal selam Nanggala 402,“. Setelah diunggah ke media sosial, netizen pun juga turut meyakini kalau fenomena langit tersebut benar mirip kapal selam TNI AL yang baru saja dikabarkan tenggelam.

Read more:

Awalnya saya sama teman saya lagi pengen sunrise jam 5 pagi. Pas saya bikin story, nggak sengaja videoin pas di awan itu. Tapi cuma beberapa menit aja. Habis itu sudah tidak ada awannya,” kata Arik dikutip dari Detik.

Alhasil video ini langsung diunggah ulang oleh akun-akun berita di Instagram. Banyak orang yang beranggapan bahwa itu adalah KRI Nanggala-402 yang sudah naik ke surga.

Apa Kata Ahli tentang Fenomena Langit Ini?

Awan Berbentuk Kapal Selam
Giphy

Tentu kejadian ini ada alasan ilmiahnya yang dapat dijelaskan menggunakan logika. Menurut Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, Iman Faturahman mengatakan awan tersebut berjenis cumulus.

Itu awan rendah jenis cumulus. Awan ini sering terbentuk, cuma mungkin secara kebetulan bentuknya mirip kapal selam,” kata Iman dikutip dari Detik.

Kemudian ia melanjutkan kalau awan cumulus terbentuk dari hasil penguapan air. Penguapan air tersebut kemudian terbawa angin dan berkumpul di area tertentu.

Cumulus bersama jenis stratus, stratocumulus, dan cumulonimbus adalah kelompok dari awan rendah. Jenis ini berpotensi menghasilkan hujan lebat, bahkan sampai angin kencang disertai petir.

Mengingatkan akan KRI Nanggala-402

Awan Berbentuk Kapal Selam
Grid.ID

Fenomena alam ini sontak mengingatkan kita pada berita duka yang baru saja terjadi. Di mana kapal selam milik TNI AL, KRI Nanggala-402 beserta 53 awak kapal di dalamnya tenggelam di perairan Bali.

Dikabarkan bahwa kapal selam ini telah resmi tenggelam di kedalaman sekitar 830 meter. Kapal tersebut dikabarkan terbelah menjadi tiga bagian dan sampai saat ini belum ditemukan jenazah awak kapal.

_

Gimana tanggapan Lo?

close

Awan Berbentuk Kapal Selam Muncul di Bali, Ini Menurut Para Ahli!

Search
close