Ars Vita, Insinyur Perempuan RI yang Kerja di Perusahaan Elon Musk SpaceX

Ars Vita, Insinyur Perempuan RI yang Kerja di Perusahaan Elon Musk SpaceX
access_time 3 minggu yang lalu

Salah satu engineer di SpaceX adalah perempuan dari Indonesia, Ars Vita

Salah satu perempuan berhijap dari Tanah Air Ars Vita Alamsyah patut jadi kebanggaan.

Pasalnya kini ia berkiprah di dunia teknologi, tepatnya di perusahaan roket SpaceX milik Elon Musk. Perusahaan itu bergerak di ranah aerospace dan berbasis di California, Amerika Serikat

Bukan sembarangan, di sana ia memiliki titel sebagai Supply Chain Reliability Engineer II. Kehadiran perempuan yang kerap disapa Vita itu pun merepresentasikan perempuan muslim di sektor industri yang umumnya digeluti laki-laki.

Cinta dunia teknologi dari kecil

Menurut kisahnya lewat wawancara dengan VOA Indonesia, Ars Vita mengaku SpaceX bukanlah target awalnya.

Sejujurnya sama sekali tidak. Itu bukan target saya awalnya. Tapi tentunya keren bisa jadi bagian di sini,” ungkap Vita.

Vita bercerita, sejak kecil ia sudah punya cita-cita untuk kerja di dunia teknologi. Dahulu, kakeknya adalah seorang insinyur, dan inilah mengapa ia terinspirasi untuk mengejar cita-citanya.

Waktu kecil saya suka melihat bagaimana sesuatu dirakit dan dibuat. Saya amat terinspirasi oleh kakek saya yang seorang insinyur mesin,” pungkasnya.

Ars Vita kemudian mendapat gelar sarjananya dari University of Maryland, College Park, Amerika Serikat di tahun 2017. Lalu barulah ia melanjutkan pendidikannya di Massachussetts Institute of Technology (MIT).

Memperkenalkan identitas tanpa takut

Setelah meraih gelar masternya dari kampus bergengsi dunia itu, ia pun mencapai apa yang ia cita-citakan sejak kecil, walau industri yang ia dalami masih didominasi laki-laki.

Menurutnya, salah satu tantangannya adalah meyakinkan dan membuktikan kalau ia mampu memberi hasil, di luar identitasnya sebagai perempuan berhijab.

Ars Vita justru merasa percaya diri membawa identitasnya itu di industri aerospace.

Saya tidak takut dengan jujur memperkenalkan diri saya apa adanya memakai hijab,” ia menegaskan.

Dengan bangga, ia memperkenalkan hijab di lingkungannya. Bukan tersinggung, ia justru dengan senang menjelaskan tentang agamanya dan hijab yang ia pakai.

You go, girl! Thoughts?

(Image via Instagram @arsvitaa)

close

Ars Vita, Insinyur Perempuan RI yang Kerja di Perusahaan Elon Musk SpaceX

Search
close