Aplikasi Meeting Online Saat Harus ‘Work From Home’

access_time 1 tahun yang lalu

Mulai hari Senin 16 Maret 2020 kemarin, sudah banyak perusahaan yang mengikuti himbauan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Hal ini disampaikan Jokowi setelah mendapat laporan korban terjangkit COVID-19 mencapai angka 117 jiwa dan sudah 5 orang yang meninggal dunia.

Dengan begitu, banyak karyawan (walaupun tidak semua) yang terpaksa menjalankan tugas secara mobile. Akan sulit jadinya ketika harus melaksanakan meeting, sehingga salah satu cara termudah adalah melalui teleconference. Tenang saja, ini adalah beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk meeting jarak jauh.

Facebook Messenger

Image result for facebook messenger
Source: Messenger

Buat lo yang masih main Facebook, bisa nih menggunakan Facebook Messenger sebagai pilihan sarana untuk melakukan meeting online bersama rekan kantor. Facebook Messenger memungkinkan penggunanya untuk melakukan panggilan video secara grup.

Selain menerima panggilan video, Facebook Messenger juga memiliki fitur untuk bertukar dokumen, teks, hingga video seperti chatting lewat aplikasi WhatsApp.

Jadi, Facebook Messenger bisa jadi alternatif pilihan lo buat meeting jarak jauh.

WhatsApp

Image result for whatsapp group video
Source: Daily Mail

Aplikasi chatting lain yang masih satu grup dengan Facebook, yaitu WhatsApp. Sepertinya aplikasi ini sudah cukup umum di Indonesia. Dalam situasi yang memaksakan untuk bekerja di rumah, WhatsApp bisa membantu lo untuk melakukan panggilan video secara grup.

Caranya adalah lo harus punya grup WhatsApp dengan teman-teman kerja di kantor yang akan ikut meeting. Menggunakannya juga cukup mudah, lo hanya perlu menekan ikon panggilan video dalam grup, kemudian mengundang rekan satu grup yang diundang dalam meeting.

Google Hangout

Image result for google hangout video call
Source: Lifehacker

Kali ini aplikasi meeting punya Google, yaitu Google Hangout. Penggunaannya pun tergolong mudah, karena penggunanya hanya perlu memiliki akun Google atau Gmail.

Dengan begitu, Google Hangout bisa membantu lo untuk melakukan panggilan video secara grup. Hebatnya, dengan Hangout lo bisa melakukan panggilan video dengan 150 orang sekaligus.

Seperti halnya WhatsApp dan Facebook Messenger, Google Hangout juga bisa digunakan untuk membagikan dokumen, teks, hingga foto dan video sehingga sangat memudahkan lo untuk kerja dari rumah.

Skype for Business

Image result for skype for business video call
Source: The Record

Sesuai dengan namanya, Skype for Business pastinya akan memudahkan lo untuk tetap menjalankan bisnis walaupun dari rumah. Hal ini karena Skype for Business memungkinkan lo untuk melakukan percakapan dalam video grup dengan lebih banyak peserta.

Skype for Business terbilang memiliki fitur yang cukup berbeda dari yang lain. Selain bisa bertukar teks dan dokumen, aplikasi ini memungkinkan lo untuk mengontrol meeting, mendeteksi keterlibatan bisnis, mencari kontak nama, email, ataupun nomor telepon, hingga dapat membisukan panggilan rapat.

ZOOM Cloud Meetings

Image result for zoom cloud meetings video call
Source: Google Play

Terakhir ada ZOOM Cloud Meetings. Biasanya aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk meeting online  saja, tapi juga bisa dilakukan untuk melakukan kelas online seperti yang sudah diterapkan di berbagai universitas. Hal ini dikarenakan ZOOM Cloud Meetings mampu mengundang hingga 100 orang untuk bergabung rapat secara gratis.

Tidak hanya itu, ZOOM Cloud Meetings juga mampu membagikan file dalam ukuran besar. Hal ini karena ZOOM telah terintegrasi dengan Google Drive ataupun Dropbox. Dengan begitu, lo tetap bisa berbagi dokumen dengan ukuran standar, baik foto atau video melalui PC atau smartphone.

_

Nah, itu dia deretan aplikasi meeting online yang bisa lo gunakan di situasi seperti ini. Setidaknya lo tetap bisa berdiskusi tatap muka langsung untuk meringankan pekerjaan lo dari rumah. Jangan lupa, pastikan koneksi internetnya bagus ya, biar tidak putus-putus.

close

Aplikasi Meeting Online Saat Harus ‘Work From Home’

Search
close