Antisipasi Euforia Vaksin Jika Tak Mau Seperti India

access_time 3 bulan yang lalu

Jangan larut dalam euforia vaksin jika tak mau seperti India.

Tsunami corona di India jadi perbincangan hangat banyak orang seminggu terakhir. Lengahnya masyarakat atas protokol kesehatan jadi kesalahan fatal akan lonjakan kasus itu.

Melihat kondisi tersebut, tentu warga Indonesia tidak mau merasakan hal yang sama dengan India. Saat semua negara sedang gencar melakukan vaksin, euforia akan hal itu patut diantisipasi.

Jangan Larut Pada Euforia Vaksinasi

Euforia Vaksin
AFP

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin pun sempat menyinggung masalah lonjakan kasus positif Covid-19 di India. Menurut analisis, bisa jadi tsunami corona itu terjadi karena terlalu larut dalam euforia vaksin.

Alih-alih merasa aman karena sudah menerima vaksin, mereka malah dengan bebas melepas masker dan menggelar sejumlah acara yang menimbulkan kerumunan. Nahasnya, salah satu yang menyebabkan lonjakan kasus itu adalah acara keagamaan.

Read more:

Euforia Vaksin

Euforia yang berlebihan seakan membuat mereka lupa kalau vaksin hanya sebagian kecil untuk kita terhindar dari Covid-19. Selebihnya, protokol kesehatan lah yang dapat menyelamatkan diri kita dari ancaman virus tersebut.

Sebenarnya yang dilakukan Indonesia sudah cukup baik, vaksinasi diikuti dengan edukasi untuk tetap patuh akan protokol kesehatan. Bahkan sejumlah acara pun masih pelan-pelan merancang sematang mungkin untuk bisa menggelarnya secara aman.

Indonesia Wajib Waspada

Euforia Vaksin

Melihat apa yang sudah terjadi di India, tentu kita tidak mau merasakannya. Cukup sudah pandemi 1,5 tahun melanda dunia dan tak ingin ruang gerak kita dibatasi lagi karena adanya virus mematikan ini.

Artikel ini ditulis juga sebagai imbauan bagi kalian yang sudah divaksin untuk jangan larut dalam euforia vaksinasi. Sekarang protokol kesehatan jadi unsur penting, supaya kita dapat menyudahi situasi pandemi.

Kerinduan akan datang ke festival musik, nonton bioskop tanpa jarak, dan hidup tenang tanpa masker tentu jadi impian kita semua. Proses dan perjuangan ini yang akan membawa kita pada tujuan tersebut.

Mari kita hargai perjuangan tenaga kesehatan yang sudah mati-matian menyelamatkan nyawa warganya. Untuk Indonesia selamat dari pandemi.

_

Siapa yang udah dapat vaksin? Tetap patuhi protokol kesehatan, ya!

close

Antisipasi Euforia Vaksin Jika Tak Mau Seperti India

Search
close