Animal Crossing Dilarang di Cina Setelah Digunakan untuk Protes Pemerintah

Source: Daily Mail
access_time 1 tahun yang lalu

Belum ada pernyataan resmi dari Nintendo

Banyak diminati pemain Nintendo Switch, permainan Animal Crossing justru dilarang di Cina. Peraturan ini diberlakukan sejak Jumat (10/04/2020) lalu, tepatnya setelah permainan tersebut diketahui digunakan sebagai protes terhadap pemerintah Cina.

Kini, game tersebut pun tak lagi bisa ditemukan di dua retailers besar Cina, yakni Pinduodio dan Taobao yang merupakan anak perusahaan Alibaba.

Nggak cuma itu, semua aksesori yang berkaitan dengan Animal Crossing juga tak lagi bisa ditemukan.

Animal Crossing Switch GIF - Find & Share on GIPHY

Source: Giphy

Belum ada pernyataan resmi mengenai alasan hilangnya Animal Crossing. Yang pasti, pemerintah Cina memang punya pengawasan ketat di pasar video game, dan belum menyetujui perilisan resmi game ini di negara tersebut.

Protes Virtual

Animal Crossing: New Horizons” pertama kali dirilis pada tanggal 20 Maret. Permainan ini mengusung gameplay yang memungkinkan pemainnya untuk berkreasi bebas. Mengunggah foto untuk disematkan sebagai customization karakter pun bukan hal yang mustahil dilakukan di game ini.

Hal ini pun dimanfaatkan para protestan Hong Kong yang menuntut demokrasi.

Dengan adanya wabah Corona, sulit bagi kami untuk menggelar pertemuan fisik,” Jelas Joshua Wong, anggota kelompok aktivis muda Hong Kong bernama Demosistō, dilansir dari BBC.

Dengan permainan baru ini, kami bisa melakukan protes secara virtual, dengan mengandalkan kreativitas kami.”

Ini bukan kali pertama video game digunakan sebagai media protes. Desember lalu, para protestan Hong Kong juga menggunakan permainan Grand Theft Auto Online sebagai media unjuk rasa. Permainan Pokemon Go pun sempat dimanfaatkan untuk menandai lokasi protes.

China replaces top official in Hong Kong amid protests

Source: NBC News

Sementara Animal Crossing digunakan untuk protes di Hong Kong, game tersebut justru digunakan untuk gelaran pernikahan di Amerika. Prosesi tersebut dilangsungkan pada 12 April lalu oleh Nazmul Ahmed dan Sharmin Asha untuk menyiasati pandemi Corona yang masih menyebar.

close

Animal Crossing Dilarang di Cina Setelah Digunakan untuk Protes Pemerintah

Search
close