Anggota “27 Club” Bikin Lagu Baru, Kok Bisa?

access_time 6 bulan yang lalu

Istilah “27 Club” merupakan sebuah peristiwa dari para musisi populer yang meninggal pada usia 27 tahun. Kematiannya pun paling banyak disebabkan oleh ketergantungan narkoba, alkohol, atau kekerasan.

Nah, kabarnya anggota “27 Club” ini baru saja menciptakan lagu baru, loh. Apakah mereka merilis lagu dari dunia lain?

27 Club Rilis Lagu Baru dengan Teknologi AI

27 Club
The Wrap

Sebuah organisasi non-profit yang fokus di bidang kesehatan mental musisi, Over The Bridge baru saja menciptakan lagu baru dari anggota 27 Club. Dalam lagu baru ini terdapat suara seperti Amy Winehouse, Kurt Cobain, Jimi Hendrix, sampai Jim Morrison.

Lost Tapes of the 27 Club” adalah judul dari playlist tersebut. Di dalamnya terdapat pesan tentang pentingnya isu kesehatan mental, seperti yang terjadi pada anggota klub ini yang mayoritas kematiannya dipicu kesehatan mental.

Semua ini dapat terjadi berkat teknologi Artificial Intteligence (AI). Berkat teknologi mutakhir tersebut dapat menghasilkan empat track yang membuat lagu ini seolah rekaman lama dari para musisi yang belum pernah dirilis.

Baca juga:

27 Club
noisetrend

Teknologi AI ini membuat proses sampling dan mixing dengan mengombinasikan track lama mereka. Elemen-elemen seperti hook, rythm, lirik, sampai gaya vokal berusaha dicampurkan seluruhnya dan seakan menjadi lagu baru.

Sejak industri musik semakin populer, para musisi dan pekerja industri ini sebetulnya menghadapi berbagai masalah kesehatan mental yang akut. Intensitas problem kesehatan mental pekerja musik jauh melebihi angka rata-rata populasi dewasa,” kata pihak Over The Bridge.

Kami berharap isu kesehatan mental di kalangan musisi ini tidak diromantisir, tapi harus menjadi perhatian bersama,” lanjutnya.

_

Dengarkan playlist “Lost Tapes of the 27 Club” ini di Spotify.

close

Anggota “27 Club” Bikin Lagu Baru, Kok Bisa?

Search
close