Acara Kawinan Ini Viral Karena Cara Menyumbang yang Unik

access_time 8 bulan yang lalu

Sebuah acara kawinan di Bali mendadak viral karena cara menyumbangnya yang cukup unik. Jika biasanya para tamu udangan menggunakan amplop, kini justru disediakan mesin EDC.

Alat yang biasa kita temukan di pusat perbelanjaan, kini malah terlihat di meja penerima tamu. Seperti apa prosesnya?

Sumbangan Nikahan Pakai Mesin EDC

@denpasarnow

Inspirasi šŸ¤£ Pake mesin EDC ya, biar tamu bisa debit. Cashless šŸ¤£ Vid: Ekaudiyana12 #denpasarnow #fyp #bali #viral #nikah #married #IYKoongChallenge

ā™¬ original sound – Denpasar Now – Denpasar Now

Sudah jadi tradisi di Indonesia di setiap acara pernikahan, para tamu undangan memberikan sumbangan menggunakan amplop. Tapi tidak dengan acara pernikahan di Bali ini.

Sebuah video TikTok di akun @denpasarnow memperlihatkan tamu undangan yang menyumbang menggunakan mesinĀ Electronic Data CaptureĀ (EDC). Terlihat seorang pria memasukan PIN ATM untuk menyumbangkan sejumlah uang di meja penerima tamu.

acara kawinan pakai edc
via Media Konsumen

Dilansir dariĀ Kumparan, ternyata video ini sudah diambil sejak Januari 2018 silam. Namun baru viral sekarang karena muncul di TikTok.

Meski disediakan mesin EDC di meja penerima tamu, penyelenggara acara tidak mewajibkan semua orang menggunakan alat itu. Karena masih banyak yang menggunakan amplop untuk menyumbang.

Tradisi “Ngamplop”

acara kawinan menyumbang pakai edc
via iStock

Tradisi menyumbang atau sering disebut “ngamplop” ini berawal dari ciri khas kehidupan orang yang rukun dalam masyarakat. Rasa peduli yang besar bikin masyarakat ingin ikut serta merasakan kebahagiaan itu.

Ternyata, jaman dulu tradisi “ngamplop” ini sendiri bukan menggunakan uang, melainkan memberikan bahan makanan. Tapi semakin ke sini, uang tunai jadi pilihan utama buat mereka yang bingung mau kasih apa ke pengantinnya.

Meskipun bukan sebuah keharusan, tapi tradisi ini sudah jadi kebiasaan. Makanya selalu tersedia kotak sumbangan yang diletakkan di depan acara tersebut.

_

Dipikir-pikir, enak juga ya kalau nyumbang pakai mesin EDC. Kita gak perlu ngambil uang dulu buat dimasukin ke amplop. Tapi paling ngantri aja nunggu masukin PIN ATM.

Gimana tanggapan Lo?

close

Acara Kawinan Ini Viral Karena Cara Menyumbang yang Unik

Search
close