YouTube Shorts Hadir di Indonesia, Ini Cara Pakainya!

YouTube Shorts Hadir di Indonesia, Ini Cara Pakainya!
access_time 2 bulan yang lalu

YouTube shorts hadir di Indonesia! Adapun fitur video pendek ini sebelumnya sudah terlebih dahulu dirilis di India dan Amerika.

Short yang merupakan fitur video pendek pesaing TikTok dan Reels Instagram, resmi masuk ke pasar Indonesia mulai Jumat (23 Juli).

YouTube shorts diharapkan membantu kreator untuk terus berkreasi

Seperti dilansir Kompas, Direktur Marketing YouTube & NBU untuk Indonesia, Filipina dan Asia Tengggara di Google, Veronica Utami menuturkann fitur ini sengaja hadir untuk membantu semua kreator membuat video pendek langsung dari smartphone.

Kami senang sekali YouTube Shorts akhirnya bisa hadir di Indonesia. Dengan fitur ini, akan mempermudah semua kreator membuat, mengedit, meng-upload, dan berbagi video dengan mudah dari handphone-nya,” kata Veronica dalam acara peluncuran YouTube Shorts secara daring.

Lebih lanjutnya, fitur Shorts memungkinkan users untuk menunggah video berdurasi 15-60 detik, lengkap dengan musik latar, filter, teks dan caption.

Untuk mengakes menu tersebut, pengguna tinggal mencari “Shorts” di sisi bawah layar saat masuk ke aplikasi. Tepatnya berada di tengah, antara menu Home dan ikon (+) untuk mengunggah video.

Serupa namun tak sama

Bila di klik, pengguna akan disuguhkan berbagai video Shorts yang diunggah oleh pengguna lain dari berbagai belahan dunia.

Kesan pertama saat masuk adalah Shorts memiliki tampilan yang serupa dengan Reels dan TikTok. Pengguna juga dapat memberikan like dan dislike serta berkomentar atau membagikan video ke platform lainnya.

Sementara pada bagian bawah, users dapat menemukan tombol subcribe dan mengklik musik yang digunakan pada latar untuk disimpan.

Berikut cara penggunaanya

Cara mengunggah YouTube Shorts.Berikut cara menggunakan YouTube Shorts.

  • Buka aplikasi YouTube Klik menu “Shorts”
  • Klik ikon kamera yang ada di sudut kanan atas layar
  • Pengguna bisa merekam langsung dari kamera Shorts dengan menekan dan menahan tombol merah. Durasi video Shorts secara default adalah 15 detik. Namun bisa dimaksimalkan hingga 1 menit dengan mengetuk angka durasi menjadi 60
  • Atau pengguna juga bisa mengunggah video dari galeri, dengan menekan ikon galeri atau gambar foto yang ada di sisi kiri bawah
  • Atur kecepatan video yang diinginkan, bila sudah klik tanda centang di sisi kanan bawah layar
  • Edit video Short dengan menambahkan musik latar, teks, filter
  • Bila sudah, klik next
  • Pengguna perlu menambahkan deskripsi video. Pengguna bisa menambahkan tagar #Short di deskripsi untuk merekomendasikan video. Fungsinya kurang lebih mirip dengan tagar #FYP di TikTok. Video Shorts yang sudah terunggah bisa dilihat di kanal Anda
  • Lalu, klik “upload”

Dengan begitu video akan terunggah dan muncul di kanal pengguna. Pengguna juga bisa mengunggah video Shorts melalui menu “+” > Create a Shorts. Selanjutnya, pengguna bisa mengikuti langkah-langkah sesuai urutan di atas.

Wah enak nih, 1 kali kerjain konten bisa buat 3 platform!

close

YouTube Shorts Hadir di Indonesia, Ini Cara Pakainya!

Search
close