Wisata Mistis “Rumah Darmo”, Urban Legend Terpopuler di Surabaya

Wisata Mistis "Rumah Darmo", Urban Legend Terpopuler di Surabaya
access_time 1 bulan yang lalu

Kamis Misteri (KAMIS) : Wisata mists “Rumah Darmo”, urban legendnnya Surabaya

Wisata mistis “Rumah Darmo” akan menjadi kisah yang menemani lo di pekan ini. Disadur dari sebuah utas Twitter unggahan @nizaramadhan08, tersingkap sebuah cerita kelam dibalik ‘kengerian’ dan aura mistis di rumah yang terletak di kompleks elit peninggalan Belanda.

Berawal dari antusiasme akan sejarah dan tragedi di kota Surabaya, pria yang merupakan mahasiswa baru di tahun 2004 ini memberanikan diri mengajak teman-temannya untuk mengujungi tempat horor paling fenomenal, Rumah Darmo.

Dimulai dari suara misterius di halaman kampus

Setelah berembuk, dia dan beberapa sahabatnya (Haris, Dwi, Luthfi, Adi dan Saiful) akhirnya bersepakat untuk memulai wisata mistis mereka.

Walau biasa tidak ada yang pernah tepat waktu saat janjian bertemu, kali ini mereka semua hadir sesuai jam yang ditentukan.

Berhubung waktu masih tegolong ‘pagi’ untuk hal mistis terjadi, mereka memutuskan untuk ngopi dan menunggu sejenak.

Setelah selesai, mereka langsung memulai wisata mistis hari itu dengan mengunjungi kampus mereka. Dengan sigap mereka membuat dua tim, yang pertama untuk berjaga sementara tiga orang lainnya berksplorasi mencari hal misitis.

@nizaramadhan08 kebagian sebagai tim yang bereksplorasi. Saat sedang ‘mencari’ di area kebun pisang sembari mengambil beberapa foto, dirinya merasakan perubahan aura yang cukup drastis. Bahkan diapun langsung mengajak temannya kembali ke parkiran motor.

Saat kembali ke parkiran, dia melihat bahwa raut wajah Harris juga seolah menunjukan ada sesuatu yang ‘dilihatnya’.

Mereka pun bersepakat meninggalkan area itu dan bersantai di warung kopi. Saat tiba di sana, mereka semua sibuk menceritakan apa yang dilihatnya.

Salah satu dari mereka bercerita kalau terdengar suara deheman yang dapat dipastikan bukan dari Harris atau Lutfi. Sementara yang lainnya melihat bayangna berlari-lari dengan bebas.

Tapi anehnya bukannya bubar, semuanya bersepakat untuk melanjutkan wisata mistis ke Rumah Darmo, salah satu spot ‘horor’ paling popular dan melegenda di Surabaya.

Aura mistis yang luar biasa tertangkap di kamera

Berbekal instinct akan lokasi yang dimaksud sebagai Rumah Darmo, mereka berlima berangkat ke daerah Taman Bungkul.

Sesampainya di sana mereka bertanya pada warga dan pedangang, sampai akhirnya mereka bertemu dengan Mas Ridwan.

Bukan hanya memberitahu lokasinya, Mas Ridwan bahkan bersedia menjadi guide wisata mistis malam itu.

Anehnya lokasi tersebut sangat ramai dengan kehadiran pemuda-pemudi. Mas Ridwan selaku guide mereka membeberkan meski ‘angker’, tempat tersebut kerap dijadikan lokasi mesum bagi para pasangan muda.

Sungguh sesuatu yang sangat sulit dipahami oleh mereka berlima. Namun karena rasa penasaran mereka terlalu besar, perjalanan pun dilanjutkan.

Saat mulai memasuki area, @nizaramadhan08 langsung menita izin dan mengambil gambar.

Dengan jelas tampak banyak bintik putih yang dikenal dengan sebutan orbs. Istilah itu sendiri mengacu pada kehadiran mahluk tak kasat mata dalam jumlah yang masif.

Mereka pun terus menjelajahi rumah megah yang kondisinya sudah ‘hancur’ dan dipenuhi dengan coreta vandalisme.

Ditengah perjalanan, Saiful meminta dirinya difoto, dan inilah hasilnya

Wisata Mistis "Rumah Darmo", Urban Legend Terpopuler di Surabaya

Bukannya membebrkan hasil foto itu, ia malah melanjutkan tour sembari mengabadikan beberapa foto lain yang lagi-lagi menunjukan banyak orbs.

Setelah beberapa lama, akhirnya mereka tiba di sebuah ruang bawah tanah. Seketika itu juga hawa berubah dan susana langsung mencekam.

Mas Ridwan menjelaskan bahwa di area ini pernah terjadi ‘tragedi’ kelam yang disinyalir menjadi awal mula kengerian rumah ini.

Kisah kelam dibalik urban legend “Rumah Darmo”

Sesampainya di kamar mandi, Mas Ridwan memberitahu mereka bahwa lokasi inilah yang area pembantaian anak majikan dan pembantu dari pemilik rumah.

Memang dari pengelihatannya terlihat masih ada sisa darah yang membekas di bak mandi. Namun karena ‘auranya’ telalu besar, foto tersebut tidak diunggahnya.

Saat sedang berkisah, aura di ruangan tersebut langsung berubah seketika. Bahkan tercium bau anyir yang entah dari mana datangnya.

Demi menghindari hal yang tidak diinginkan, mereka langsung meninggalkan area tersebut. Sesampainya di luar, aura kembali normal dan mereka bisa merasakan angin segar di sekujur tubuhnya.

Sembari menyalakan rokok, mereka kembali menyimak cerita versi Mas Ridwan terkait kejadian mengerikan di rumah tersebut.

Singkatnya, dulunya rumah ini dihuni oleh pengusaha sukses. Namun mereka memiliki hutang, dan saat usahanya ‘kesulitan’, mereka harus berurusan dengan penagih hutang.

Karena tidak mampu membayar, nyawa mereka pun melayang ditangan para ‘debt collector’.

Setelah mendengar cerita itu, @nizaramadhan08 menunjukan semua foto hasil jepretannya kepada Mas Ridwan.

Pria yang menjadi pemandu tersebut hanya berkata “Ya memang begitu kengeriannya, untung sudah keluar dari rumah.

Terkait cerita dibalik rumah ini, memang ada beberapa versi yang beredar.

close

Wisata Mistis “Rumah Darmo”, Urban Legend Terpopuler di Surabaya

Search
close