WHO Baru Mulai Penyelidikan Asal Mula COVID-19 di Wuhan

access_time 8 bulan yang lalu

Tim Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO baru saja menyelesaikan karantina mandiri 14 hari di kota Wuhan, China. Hal ini dilakukannya sebelum melakukan penyelidikan tentang asal mula COVID-19 di kota tersebut.

Pada Kamis (28/1), para peneliti tampak meninggalkan hotel tempat karantina mereka menggunakan bus. Seperti apa proses investigasi yang akan mereka lakukan?

WHO Investigasi Asal Mula COVID-19

WHO
via CNN

Sudah lebih dari setahun COVID-19 ini menyerang seluruh dunia, WHO baru sekarang akan melakukan investigasinya. Tim investigasi pun juga barus selesai menjalani karantina mandiri di Wuhan sebelum akhirnya turun ke lapangan.

Sangat bangga bisa lulus dari  14 hari karantina kami, tidak ada yang menjadi gila dan kami sangat produktif,” kata anggota investigasi, Peter Daszak.

Dikutip dari Channel News Asia, tim investigasi akan mendatangi tempat kelompok kasus COVID-19 ini pertama kali diketahui pada tahun 2019 silam.

Sampai saat ini, banyak orang masih mempercayai COVID-19 ini berasal dari pasar basah di kota Wuhan. Pasar tersebut dianggap menjadi sumber awal virus ini menyebar karena menjual hewan liar seperti kelelawar untuk dijadikan makanan.

Pasar Basah Wuhan

WHO
via National Geographic

Pasar basah di kota Wuhan ini pun mendapat perhatian internasional akibat diduga COVID-19 berasal dari tempat tersebut. Bahkan sejak diketahui ada virus tersebut, pemerintah langsung melarang penjualan satwa liar untuk dikonsumsi.

Alhasil karena pasar basah tersebut lockdown sejak 8 April 2020 lalu, pendapatan para pedagang menurun drastis dan rugi besar di tahun tersebut. Padahal, sebelum ada virus ini pasar tersebut tidak pernah sepi dari pengunjung.

Maka dari itu, WHO baru ingin menyelidiki apakah benar virus tersebut berasal dari penjualan kelelawar pada pasar basah tersebut.

_

Yah, kenapa baru sekarang investigasinya. Udah ada vaksin baru mau investigasi.

close

WHO Baru Mulai Penyelidikan Asal Mula COVID-19 di Wuhan

Search
close