WhatsApp di Hack? Lakukan Hal Ini Untuk Mencegahnya!

WhatsApp di Hack? Lakukan Hal Ini Untuk Mencegahnya!
access_time 1 tahun yang lalu

Mendadak keluar dari aplikasi WhatsApp?

Hal tersebut belakangan marak terjadi bagi beberapa pengguna di Indonesia, gua sendiri setidaknya menemukan 3 kasus serupa dalam waktu kurang dari 24 jam.

Mulai dari 2 teman kantor yang menjelaskan kalau mereka secara mendadak keluar dari aplikasi dan tidak bisa masuk kembali, selain mereka ada juga salah satu brand Indonesia yang WhatsApp-nya mengalami kasus serupa.

Sebelum hal tersebut terjadi, ada baiknya untuk mengikuti tips berikut.

Tambahkan proteksi ekstra pada akun WhatsApp

Tambahkan proteksi ekstra pada akun WhatsApp
via Giphy

Meskipun tidak menjamin 100% bahwa akun pada WhatsApp bebas dari pembajakan pihak yang tidak bertanggung jawab, setidaknya langkah yang akan gua bagikan akan bisa mengurangi resiko penyalahgunaan terhadap akun si pengguna yang terbajak

Penting untuk diingat bahwa WhatsApp memiliki fitur Two-Step verification, dan fitur ini merupakan salah satu pagar untuk meningkatkan keamanan akun. Berikut cara mengaktifkan fitur tersebut ;

  • Pada Aplikasi WhatsApp, pilih menu Settings
  • Pilih Account (akun) kemudian ‘Two-step verification
  • Tekan pilihan Enable, lalu masukan enam digit sandi
  • Setelah sandi terkonfirmasi, ikuti instruksi berikutnya yang muncul pada layar

Kenapa Two-step verification penting?

Setelah beres mengaktifkan fitur tersebut, pengguna nantinya secara berkala akan diminta untuk memasukan sandi sebelum bisa masuk ke dalam aplikasi WhatsApp. Dengan Two-step verification, seandaninya akun tersebut kena hack, setidaknya si pembajak tidak dapat mengakses akun tersebut secara leluasa.

Karena kemungkinan terbesar adalah mereka akan lebih sulit untuk bisa masuk ke dalam akun WhatsApp yang sudah dilengkapi dengan sandi rahasia. Salah satu yang bisa terjadi adalah secara otomatis pengguna akan terblokir karena alasan percobaan input sandi gagal.

via Giphy

Selama kurang lebih 8-12 jam setelah melaporkan, akun akan kembali dapat di akses. Jadi penting diingat untuk tidak membagikan kode rahasia yang dikirimkan WhatsApp kepada siapapun!

Jika hacker berhasil masuk ke dalam akun yang belum mengaktifkan fitur tersebut, maka akan butuh waktu sekitar 7 hari untuk bisa mengembalikan akun dan bayangkan apa yang bisa si hacker lakukan terhadap akun itu?

Sudah pasti menggunakan untuk hal yang tidak baik. Kasus pembajakan tidak hanya terjadi di Indonesia, melainkan salah satu yang terpopuler adalah yang menimpa CEO Amazon Jeff Bezzos.

Source : TheVerge

Sampai saat ini belum ada konfirmasi dari WhatsApp mengenai kasus yang marak terjadi belakangan ini, kemungkinan yang bisa terjadi pada kedua teman gua kemarin adalah ada hacker yang mencoba masuk ke akun mereka, namun karena sudah menggunakan fitur tersebut sepertinya si hacker kesulitan masuk dan akibatnya akun teman gua diblokir.

Semoga saja permasalahan ini segera menemukan jalan keluar, serem kan kalau akunnya ke hack 🙁

close

WhatsApp di Hack? Lakukan Hal Ini Untuk Mencegahnya!

Search
close