WhatsApp (Akhirnya) Punya Fitur Mode Gelap

access_time 2 tahun yang lalu

Selasa 3 Maret 2020 lalu, WhatsApp mengumumkan bahwa mode gelap atau dark mode akan tersedia di iOS dan Android. Fitur ini bisa diakses oleh  semua pengguna, walau sepertinya belum menjangkau pengguna beta. Ketersediaan fitur ini pertama kali diumumkan WhatsApp lewat akun Twitter resminya.

Kalo fitur ini belum tersedia di perangkat lo, lo nggak perlu khawatir. Fitur ini emang baru akan tersedia secara berkala. Jadi kalo lo nggak nemuin fitur ini di perangkat lo, coba cek lagi beberapa hari kedepan.

Image result for whatsapp dark mode
Source: 9 to 5 Google

Perlu lo ketahui juga, pihak WhatsApp juga masih menguji coba skema warna mode gelap ini. Nggak semua mode gelap akan hadir dalam warna hitam, beberapa perangkat juga akan hadir dengan skema warna abu-abu gelap dan off-white. Juru bicara WhatsApp menjelaskan bahwa hal ini dilakukan untuk efek mode gelap pada tingkat kelelahan mata pengguna.

Cara mengaktifkan mode gelap

Image result for how to
Source: Support teamleader

Untuk mengatifkan mode gelap, pastiin bahwa WhatsApp yang lo gunakan adalah mode terbaru. Di iOS, WhatsApp terbaru adalah versi 2.20.30 sementara di Android, versi terbaru adalah 2.20.69.

Bagi pengguna Android 10 dan iOS 13, mode gelap WhatsApp bakal langsung aktif jika pengaturan mode gelap telah diaktifkan di pengaturan sistem.

Untuk pengguna iOS 13, bisa mengaktifkan mode gelap dengan cara berikut:

  1. Klik Setting (pengaturan)
  2. Pilih Display & Brightness (layar & kecerahan)
  3. Pilih tema Dark (gelap)

Sementara itu, untuk pengguna Android 9 dan versi yang lebih lawas, mode gelap bisa diaktifkan secara manual dengan langkah-langkah berikut.

  1. Klik Setting (Pengaturan)
  2. Pilih Chat
  3. Pilih Theme (Tema) dan pilih Dark (gelap).

Source: Gizmodo

close

WhatsApp (Akhirnya) Punya Fitur Mode Gelap

Search
close