Wayang Kulit Disebut adidas Dari Malaysia, Netizen Indonesia Ngamuk!

Wayang Kulit Disebut adidas Dari Malaysia, Netizen Indonesia Ngamuk!
access_time 2 minggu yang lalu

Wayang kulit disebut adidas Singura berasal dari Malaysia. Dalam rilisian produk terbaru yang termasuk dalam koleksi City Pack, lewat akun Instagramnya, adidas Singapura memarmekan produk kolaborasinya bersama dengan @JAEMYC,

Merayakan warisan budaya Malaysia lewat mata @JAEMYC dalam #UltraBOOST DNA City Pack,” tulis akun adidas Singapura.

Lebih lanjutnya adidas menyebut bahwa desain itu penghormatan kepada Wayang Kulit yang ‘merupakan’ identitas dan warisan budaya Malaysia.

Wayang kulit disebut dari Malaysia, begini faktanya

Sebagaimana dilansir dari laman UNESCO, pertunjukan wayang kulit telah diakuisebagai warisan budaya tak benda dari Pulau Jawa, Indonesia pada 2003.

Sontak unggahan itu memicu amarah netizen Indonesia yang seraya menyuarakan dan menjelaskan bahwa Wayang Kulit merupakan warisan budaya asal Indonesia, bukan Malaysia.

Wayang berasal dari Jawa, Indonesia. Bukan Malaysia,” tulis salah satu netizen. Sementara netizen lain menjelaskan klaim Waang dari Malaysia sebenarnya sudah terbantahkan.

Klaim Malaysia terbantahkan sejak 27 November 2003, di mana Badan PBB UNESCO mengakui bahwa wayang kulit adalah warisan budaya asli Indoenesia,” tulisnya.

Begini respon adidas Singapura

Sebagaimana dilihat USS Feed dari unggahan tersebut, adidas Singapura saat ini sudah mengubah isi caption mereka.

Dari yang awalnya menyebutkan berasal dari Malaysia menjadi “Berasal dari Indonesia”. Selain itu mereka juga menambahkan bahwa warisan budaya itu menginspirasi banyak bagian di Asia Tenggara.

Terkait kehebohan yang terjadi adidas Singapura sendiri sudah menyampaikan permintaan maaf mereka secara online.

Kami meminta maaf atas segala kesalahan yang tidak disengaja yang sudah terjadi. Saat ini kami sudah memperbaiki postingan tersebut,” tulis mereka.

Kendati demikian, sepertinya masih banyak pihak ‘sneakerhead’ yang merasa kurang puas dengan langkah yang diambil adidas Singapura terkait kejadian ini.

Mereka menyebut merubah post bukanlah langkah terbaik.

close

Wayang Kulit Disebut adidas Dari Malaysia, Netizen Indonesia Ngamuk!

Search
close