Warga Vietnam Bisa Liburan Lagi, INDONESIA KAPAN? #TERSERAHINDONESIA

Warga Vietnam Bisa Liburan Lagi, INDONESIA KAPAN? #TERSERAHINDONESIA
access_time 1 tahun yang lalu

Berwisata ke Ha Long Bay,

Itulah hal yang saat ini dilakukan oleh sebagian besar warga Vietnam. Pada Sabtu, 16 Mei 2020 kemarin, mereka berbondong-bondong menuju ke tempat wisata alam, Ha Long Bay.

Berwisata ke Ha Long Bay,
via Vietnam Travel Guide

Ratusan orang menunggu untuk bisa naik perahu dan melihat keindahan gugusan karst di Ha Long Bay, hal tersebut merupakan dampak dari keputusan pemerintah untuk melonggarkan pembatas perjalanan yang selama ini diterapkan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Melepas masker dan Ber-selfie

Meskipun sudah bisa berwisata, para warga tetap menerapkan protokoler menjaga jarak sosial. Namun menariknya sebagian dari mereka ada yang melepas masker wajah saat naik ke kapal dan ber-selfie.

Melepas masker dan Ber-selfie
via Giphy

Seperti dilansir dari CNNIndonesia, salah satu pengunjung bercerita bahwa ini adalah pertama kali dirinya ke Ha Long Bay setelah COVID-19. ‘Ini pertama kalinya saya ke Ha Long Bay setelah Covid-19. Saya ke sini karena ada begitu banyak pemandangan indah dan pandemi Covid-19 sudah hilang di Vietnam, jadi saya merasa aman.’ begitu tutur Duong Queng Hieu yang datang dari Tuyen Quang, salah satu provinsi di pegunungan utara Vietnam.

Pemerintah Vietnam dipuji

Meskipun awalnya reaksi pemerintah Vietnam dinilai berlebihan, namun terbukti langkah tersebut secara cepat dan efektif mampu menurunkan penyebaran virus corona.

Namun langkah ‘lockdown’ di negara ini harus dibayar mahal karena pendapat dari sektor pariwisata harus menurun sekitar 45 persen dari rata-rata tahun sebelumnya, selama 4 bulan pertama di tahun 2020, capaian tersebut ada di kisaran angka IDR 5 Triliun.

Saat ini pintu kedatangan untuk berwisata ke Vietnam masih tertutup bagi para wisatawan mancanegara, tetapi jutaan wisataan domestik sudah mulai bisa ‘berlibur’ setelah berjibaku berminggu-minggu di rumah.

Hal teserbut dipastikan akan membuat ekonomi wisata bisa kembali bergerak. Salah satu warga Hanoi bernama Phan Van Kien, menjelaskan kalau keluarga mereka akan berencana untuk  banyak perjalanan domestik selama tahun ini karena masih banyaknya penerbangan internasional yang dibatalkan.

Source : Channel News Asia

Bukan hanya Ha Long Bay yang dipadati turis domestik, tapi kota Dalat yang merupakan peninggalan jajahan Prancis di Vietnam juga sudah mulai ramai dikunjungi wisatawan domestik sejak awal Mei 2020.

Pertanyaanya, INDONESIA KAPAN? Sepertinya masih jauh sekali …

 

 

 

 

 

close

Warga Vietnam Bisa Liburan Lagi, INDONESIA KAPAN? #TERSERAHINDONESIA

Search
close