Wallpaper “Terkutuk” yang Bikin HP Android Crash Akhirnya Terpecahkan, Ini Penjelasannya!

access_time 1 tahun yang lalu

Wallpaper yang bikin HP Android crash terjawab di sini!

Pada awal Juni 2020, media sosial diramaikan dengan sebuah wallpaper misterius yang membuat heboh para pengguna handphone (HP) Android. Padahal, gambar tersebut tidak menunjukkan sebuah kejanggalan apapun.

Dalam gambar tersebut mencoba memperlihatkan pemandangan gunung dan danau yang dihiasi sunset. Padahal foto ini memang sangat cocok menjadi wallpaper HP, apalagi posisi gambar yang sudah vertikal.

via Giphy

Namun, wallpaper ini membuat para pengguna Android berkoar karena HP mereka jadi crash. Banyak orang yang udah mencobanya dan hal serupa juga terjadi pada yang lain.

Maka dari itu, orang-orang menyebutnya dengan wallpaper “terkutuk” karena tidak bisa dijadikan latar gambar buat HP Android.

Tapi kalau bicara “terkutuk”, kesannya pasti mistis. Padahal ada alasan teknis dibalik mengapa wallpaper ini tidak bisa digunakan hingga menyebabkan crash dan terjebak bootloop.

Sejarah foto

via Pikiran Rakyat

Si pengambil gambar dari foto ini adalah seorang ilmuwan sekaligus fotografer amatir asal Amerika Serikat bernama Gaurav Agrawal.

Suatu sore pada Agustus 2019, ia sedang berada di danau St. Mary di Taman Nasional Glacier di negara bagian Montana. Pada saat itu, ia melihat pemandangan di depan matanya sangat indah, makanya ia mengabadikan momen tersebut.

Penyebab wallpaper bikin crash

via YouTube

Setelah momen berhasil diabadikan, foto tersebut di-edit di aplikasi Adobe Lightroom. Kemudian foto tersebut disimpan dalam color space Adobe RGB, ini dia penyebabnya.

Ketemu juga pangkal masalahnya, di mana HP Android hanya mendukung color space RGB yang rentang warnanya lebih terbatas dibandingkan Adobe RGB. Karena rentang warnanya melebihi yang bisa ditangani HP Android, gambar itu memicu bug dan membuat sistem crash.

Gaurav pun mengaku tidak sengaja membuat wallpaper yang menyebabkan HP Android jadi crash. Ia hanya mengunggah gambar tersebut ke akun Flickr miliknya yang kini telah mempunyai 10,9K followers.

Report: Setting this photo as your wallpaper bricks your Android ...

Sebenarnya, bug color space sudah jadi masalah yang telah dilaporkan sejak lama di Android. Bug tersebut biasanya terjadi pada sistem operasi Android 10 atau pada generasi sebelumnya.

Ketika wallpaper “terkutuk” ini dicoba ke HP Android 11, wallpaper ini aman-aman saja dan tidak membuat crash.

_

Tapi tenang, saat ini Google sedang mempersiapkan software update untuk memperbaiki bug color space tersebut.

close

Wallpaper “Terkutuk” yang Bikin HP Android Crash Akhirnya Terpecahkan, Ini Penjelasannya!

Search
close