Virus Corona ‘Ditemukan’ Pada Seekor Anjing Peliharaan

access_time 2 tahun yang lalu

Seekor ‘anjing peliharaan‘ di Hong Kong, diduga mengidap Virus Corona yang saat ini menjadi ‘wabah’ hampir diseluruh penjuru dunia. Jumat kemarin (27 Febuari 2020), pemerintah Hong Kong menjelaskan bahwa virus yang ada pada anjing teserbut masih dalam kategori ‘low level‘.

Meskipun sudah ada hasil uji lab yang menunjukan ‘weak positive‘ untuk virus corona, pemerintah setempat masih akan melakukan terus ‘test’ secara intensif guna memastikan perkembangan dari kondisi tersebut.

Image result for dogs wear papercup

Aada dua kemungkinan yang bisa di ambil dari hasil test tersebut, entah memang anjing tersebut sudah terjangkit virus corona atau hanya ‘sakit’ karena terdapat infeksi pada saluran hidung dan mulut yang terjadi akibat pencemaran ‘lingkungan’.

Sampai berita ini diturunkan, masih banyak hal yang sangat simpang siur mengenai wabah virus corona yang awalnya bermula di China pada akhir tahun 2019. Awalnya virus ini diperkirakan sampai kepada ‘manusia’ setelah warga di Wuhan mengkonsumsi ‘kelelawar’, namun ternyata setelah itu ada indikasi bahwa penyebaran virus tersebut juga bisa terjadi dari udara dan juga kontak langsung dengan penderita.

Hong Kong Argicultural Department, juga menjelaskan bahwa belum ada bukti yang bisa menguatkan jikalau hewan peliahara seperti anjing, atau kucing bisa terinfeksi dan menularkan virus tersebut kepada manusisa.

Penemuan diatas menjadi kasus pertama untuk ‘hewan peliharaan’ yang terjangkit virus tersebut. Sampai saat ini Corona sudah menjangkit lebih dari 82.000 jiwa dan merenggut lebih dari 2.800 jiwa.

Saat ini, anjing tersebut masih dalam karantina. Pemerintah Hong Kong juga menghimbau para ‘pemilik’ untuk segera melaporkan jika terjadi hal aneh pada hewan peliharan mereka guna mendapatkan penanganaan yang lebih serius,

Miris dan serem banget kalau sampai benar viru Corona bisa menjangkit hewan peliharaan kesayangan yah. Semoga saja hasil test berikut negatif *fingercrossed*

Source :  theJakartapost.com

close

Virus Corona ‘Ditemukan’ Pada Seekor Anjing Peliharaan

Search
close