Viral Fenomena Hujan Cuma di Satu RT, Begini Videonya!

Viral Fenomena Hujan Cuma di Satu RT, Begini Videonya!
access_time 1 bulan yang lalu

Seorang pemuda asal Purwokerto, Jawa Tengah, Den Boy, berhasil merekam suatu fenomena aneh yang kemudian jadi viral. Pasalnya, fenomena yang ia abadikan itu berupa hujan yang terjadi cuma di satu wilayah Rukun Tetangga (RT).

Video kejadian aneh itu ia bagikan lewat akun TikTok-nya @den.boy98 pada hari Rabu, 5 Mei 2021. Sekarang, postingannya itu udah mendapatkan 2,4 juta penonton. Kelihatannya, orang-orang memang pada penasaran sama fenomena yang jarang terjadi ini.

Fenomena ‘hujan sebagian’ jadi viral

@den.boy98

Aneh ga aneh lah masa gaa#fyp #sahurrrr #soundsahur

♬ original sound – xxtristanxo

Aneh gaa, aneh lah masa ngga. Ujannya RT RT-an.” tulis Den Boy dalam videonya yang mendadak viral itu.

Karena ramainya kejadian itu jadi perbincangan orang, Tribunnews menghubungi pemuda 22 tahun tersebut. Katanya, fenomena itu terjadi tepatnya di Desa Gunung Lurah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas Purwokerto.

Hujan yang terjadi hari Rabu itu cuma mengguyur wilayah satu RT. Di luar itu, wilayah lainnya terlihat kering tanpa guyuran hujan. Hal ini belum pernah terjadi di daerah itu sebelumnya.

Aneh, tapi memang deras banget di wilayah bagian timur,” ujar Den.

Apa kata para ahli tentang fenomena ini?

Viral hujan hanya sebagian
via Tenor

Fenomena ini memang ada, namanya shower rain. Biasanya, shower rain ini berasal dari awan individual yang bisa kita lihat di langit. Makanya, hujannya bisa on dan off, dengan batasan celah cuaca yang kering dan cerah di antaranya.

Begitu juga yang Prakirawan senior Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Ida Pramuwardani sampaikan. Bahwa dalam istilah meteorologi, fenomena ini bernama hujan shower.

Di mana ada batas yang jelas antara daerah hujan dan tidak yang biasanya terjadi pada fase awal mature stage, atau tahap dewasa,” ucapnya, mengutip dari YouTube Kompas Reporter on Location.

Jemuran kita basah kuyup, kok tetangga kering…

Baca juga:

 

close

Viral Fenomena Hujan Cuma di Satu RT, Begini Videonya!

Search
close