Video Klip Berdurasi 10 Detik Laku 94,3 Miliar, Kok Bisa?

Video Klip Berdurasi 10 Detik Laku 94,3 Miliar, Kok Bisa?
access_time 1 bulan yang lalu

Video klip berdurasi 10 detik laku 94,3 miliar atau setara 6,6 juta US Dollar. Adapun video tersebut merupakan karya seni dalam versi barang digital.

Menariknya, sebelum laku pada angka fantastis, video itu bisa ditonton gratis. Kemudian pada Oktober 2020, Pablo Rodriguez-Fraile mebeli video itu dengan harga 67 ribu atau IDR 957.6 juta dan sekarang ia kembali menjualnya.

Kenapa video klip berdurasi 10 detik itu jadi sangat mahal?

Ternyata setelah ditelusuri, video itu merupakan buatan seniman digital bernama Mike Winkleman. Dirinya dikenal oleh kalangan kolektor sebagai Beeple.

Produk berdurasi 10 detik merupakan video sederhana buatan komputer yang menampilkan Donald Trump besar dan roboh ke tanah. Tubuh mantan presiden Amerika Serikat tersebut kemudian tertup dengan slogan.

Video itu menjadi istimewa karena menggunakan autentikasi Blockchain. Di mana akan ada tandatangan digital pada video dan menunjukan sang pemilik dan karya video yang asli.

Teknologi itu juga memungkinkan item (video) dapat diautentikasi sebagai satu-satunya di dunia. Berbeda dengan obyek online lain yang dapat diproduksi berkali-kali.

Anda bisa pergi ke Louvre dan mengambil gambar Monalisa lalu bisa memilikinya, namun tidak ada nilai karena tidak memiliki sejarah dalam pekerjaannya,” tutur Rodriguez-Fragile, seperti dilansir Reuters, Senin (1 Maret).

 

1 2chevron_right
close

Video Klip Berdurasi 10 Detik Laku 94,3 Miliar, Kok Bisa?

Search
close