Verstappen Juara Dunia F1, FIA Tolak Protes Mercedes Terkait “Insiden” GP Abu Dhabi!

Verstappen Juara Dunia F1, FIA Tolak Protes Mercedes Terkait "Insiden" GP Abu Dhabi!
access_time 1 bulan yang lalu

Verstappen juara dunia F1 yang sah! Adapun kepastian ini didapatkan usai FIA memutuskan menolak protes Mercedes selaku ‘rumah’ Hamilton terkait insiden ‘restart’ di GP Abu Dhabi.

Sebagaimana diketahui, Verstappen berhasil mengungguli Hamilton secara dramatis usai memenangi balapan GP Abu Dhabi di Sirkuit Yas Marina pada Minggu (12 Desember).

Seri terakhir yang dramatis, Verstappen juara dunia F1

Memiliki torehan poin yang sama dengan Hamilton sampai seri terakhir F1 2021, Verstappen sebenarnya sempat kehilangan harapan untuk bisa menjadi juara dunia.

Pasalnya sedari awal lomba, Hamilton mampu memimpin meski sempat ditahan oleh Sergio Perez.

Namun jelang akhir lomba, crash Nicolas Lafiti di tikungan 14 memaksa Safety Car untuk masuk ke lintasan.

Dengan sigap, Verstappen langsung masuk ke pit dan mengganti soft tire. Di sisi lain Hamilton sang pemimpin lomba belum menggan hard tire yang dia kenakan sejak lap 15.

Sampai lap ke-57, Hamilton masih unggul dan bertahan sebagai pemimpin lomba tepat di belakang Safety Car. Sementara para stewards terlihat membersihkan sisa puing dengan.

Pada saat yang bersamaan, Verstappen yang ada di posisi dua harus terhalang beberapa kendaran ‘overlap’ dan tentunya sangat sulit untuk bisa mengejar Hamilton.

Namun jelang akhir lap-57, Race Control secara mengejutkan memberikan izin bagi Verstappen untuk melewat mobil ‘overlap’ dan memulai ‘restart’ tepat di belakang Hamilton.

Pada lap terakhir (58), tepat di garis start kedunya langsung memacu mobil untuk melakukan ‘restart’ dan balapan di putaran terakhir.

Verstappen dengan ban yang jauh lebih segar akhirnya berhasil menyalip Hamilton pada turn 5 dan berhasil meninggalkan Hamilton kendati sempat mendapat perlawaan sengit.

Akhirnya Verstappen finish di urutan pertama dan menjadi juara dunia F1 2021, sekaligus mematahkan dominasi Hamilton

Mercedes ajukan protes

Keputusan Race Director FIA, Michael Masi yang meginzinkan Verstappen melewati ‘overlap’ car di saat Safety Car beroperasi sontak menuai kontroversi.

Salah satunya adalah Toto Wolf selaku Kepala Tim Mercedes yang terekam kamera langsung menghubuing Masi via intercom dan berkata “Tidak Michael! Ini tidak benar.

Merasa sangat dirugikan atas keputusan itu, Mercedes langsung melemparkan protes. Tidak tanggung-tanggung ada dua protes dari mereka, terkait soal restart dan hasil balapan F1 GP Abu Dhabi.

Verstappen Juara Dunia F1, FIA Tolak Protes Mercedes Terkait "Insiden" GP Abu Dhabi!

Adapun protes itu didasarkan pada buku regulasi F1 yang mengacu pasal 48.8. Di sana dituliskan “tidak ada pebalap yang menyalip mobil lain di lintasan, termasuk Safety Car, sampai dia melewati garis untuk pertama kali setelah Safety Car kembali ke pit”.

Sementara protes kedua didasarkan pasal 48.12 yang menjelaskan “semua mobil yang sudah di-overlap oleh pemimpin lomba akan diminta untuk menyusul mobil-mobil yang berada di lap terdepan dan Safety Car”.

Ditolak FIA

Sayangnya harapan terbesar Mercedes justru ditolak oleh FIA dan federasi itu memutuskan Max Verstappen sebagai juara dunia F1 2021 yang sah!

Dilansir Autosport, FIA menuturkan bahwa pasal yang menjadi dasar protes Mercedes tidak bisa diterapkan sepenuhnya ketika Safety Car memasuki lintasan pada akhir lap yang sama.

Pasal 48.13 mengesampingkan itu dan setelah pesan ‘Safety Car di lap ini’ telah ditampilkan, kami wajib untuk menarik Safety Car di akhir lap itu,” tulis keterangan FIA.

Race Director FIA, Michael Masi juga menyebut kalau semua tim sudah bersepakat bahwa jika mungkin, balapan lebih baik diakhiri dalam kondisi ‘hijau’ dan tidak dibelakang Safety Car.

Meskipun demikian, permintaan Mercedes agar Steward FIA memperbaiki masalah ini dengan mengubah klasifikasi untuk mencerminkan posisi di akhir lap kedua dari belakang, ini adalah langkah yang diyakini Steward secara efektif memperpendek balapan secara retrospektif, dan karenanya tidak sesuai,” tulis keterangan FIA menjawab protes Mercedes.

Dengan demikian, protes (yang dilayangkan Mercedes) ditolak,” tulis FIA mengakhiri.

Top image – Photo by (ANDREJ ISAKOVIC / AFP)

Congrats Max Verstappen, massive respect untuk Hamilton yang terlihat begitu sportif dan lapang dada menerima hasil ini!

close

Verstappen Juara Dunia F1, FIA Tolak Protes Mercedes Terkait “Insiden” GP Abu Dhabi!

Search
close