Vaksin Corona Tiba Bulan November atau Desember, Harap Presiden Jokowi

Vaksin Corona Tiba Bulan November atau Desember, Harap Presiden Jokowi (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
access_time 10 bulan yang lalu

Sudah siap kah vaksin corona diuji coba untuk manusia?

Vaksin corona diharapkan tiba bulan November atau Desember. Hal ini diungkapkan presiden Jokowi ketika meninjau simulasi vaksinasi corona di Puskesmas Tanah Sareal Harapan Keluarga, Kota Bogor, Jawa Barat.

Saya datang ke puskesmas di kota Bogor, puskesmas Tanah Sareal karena kemarin saya mendengar bahwa di puskesmas diadakan simulasi untuk vaksinasi. Dan karena memang saya tinggal di sini sehingga saya mampir,” kata Jokowi di Puskesmas, Rabu (18/11).

Kita berharap vaksin ini datang di akhir November ini, kita ingin berusaha. Tapi kalau tidak bisa ya berarti bulan Desember,” ungkapnya.

Baik dalam bentuk vaksin jadi maupun dalam bentuk bahan baku yang akan diolah Bio Farma,” imbuh dia.

Baca juga: Kolaborasi Palace dengan Moschino Diumumkan, Hadirkan Rangkaian Artikel Hingga Perlengkapan Skate Spesial

Jokowi siap jadi orang pertama yang menguji coba vaksin corona

Menyoal tentang uji coba vaksin, Jokowi mengaku dirinya siap jadi orang pertama yang disuntik.

Menurut Jokow i, vaksinasi tersebut pastinya harus sesuai dengan arahan tim yang menangani. Jika memang tim sudah memutuskan dan menunjuknya, Jokowi mengaku tidak akan menolak.

Ya, kalau saya, kalau diputuskan yang pertama di suntik presiden, saya siap,” tutur Jokowi dalam wawancara tersebut, Selasa (17/11/2020).

Meski begitu, ia menegaskan bahwa meski ia jadi yang pertama merasakan uji coba vaksin, penyebaran vaksin akan mengutamakan rakyat terlebih dahulu.

Ya kalau saya ditentikan tim bahwa presiden yang pertama, saya siap. Tapi jangan sampai nanti (ada anggapan) ‘lho enak sekali presiden jadi yang pertama, harusnya rakyat dulu,” tambahnya. Mantan Gubenur Jakarta itu juga membeberkan bahwa saat ini sudah ada daftar prioritas penerima vaksin.

Tebakan lo, kapan vaksin corona siap dirilis? Tell us in the comments below!

close

Vaksin Corona Tiba Bulan November atau Desember, Harap Presiden Jokowi

Search
close