Vaksin Corona, Siapa Orang Pertama yang Berhak Mendapatkannya?

access_time 1 tahun yang lalu

Berikut adalah orang-orang yang pertama akan mendapatkan vaksin corona

Virus corona sampai saat ini masih menjadi pandemi yang belum menemukan titik terang. Hal ini juga karena setiap harinya korban semakin bertambah dan vaksin pun belum ditemukan.

Salah satu tokoh penting dunia, Bill Gates pun juga ikut terlibat dalam pengembangan vaksin Covid-19 ini. Ia melakukannya lewat yayasan Bill and Melinda Gates Foundation miliknya.

Bill Gates dan Melinda Gates pun berbicara panjang lebar tentang sejauh mana pengembangan vaksin ini telah dilakukan.

Tidak hanya itu, mereka juga membicarakan siapa saja orang yang pertama kali berhak mendapatkan vaksin tersebut.

Sudah ada kandidat vaksin Covid-19

via AFP

Saat ini, Bill dan Melinda Gates telah mendanai tiga perusahaan farmasi untuk membuat vaksin Covid-19. Ketiga farmasi tersebut ada Moderna, AstraZeneca, dan Johnson & Johnson yang sampai saat ini masih dalam tahap pengujian vaksin.

Ketiga perusahaan farmasi ini pun sebenarnya sudah memiliki kandidat vaksin virus corona. Namun menurut Bill Gates, tes sebenarnya adalah saat proses pembuatan dan distribusinya.

via Giphy

Kalau dihitung-hitung, setidaknya butuh 10 miliar dosis vaksin untuk 80 persen populasi dunia. Bahkan Bill Gates pun memperkirakan butuh kurang lebih dua tahun untuk mendistribusikan sepenuhnya.

Itu pun jika vaksin yang diuji AstraZeneca dan Johnson & Johnson berhasil.

Siapa orang pertama yang akan mendapatkan vaksin Covid-19?

via Giphy

Melinda Gates pun di sini berperan sebagai pencegah adanya jual-beli vaksin. Mereka tidak ingin vaksin corona yang telah dikembangkan ini dijual ke negara-negara yang memberikan penawaran harga tertinggi.

Salah satu alasan kami sangat terlibat dalam hal ini adalah bahwa Anda tidak ingin vaksin pertama kali diberikan ke negara-negara dengan penawaran tertinggi,” kata Melinda, dikutip Forbes.

via Bisnis.com

Petugas kesehatan di seluruh dunia adalah yang berhak mendapatkan vaksin ini. Karena tugas dan beban mereka yang berat menjadi alasan kuat untuk membutuhkan vaksin corona.

Setelah itu, Melinda mengatakan bahwa akan mulai berjenjang pendistribusiannya. Kalau di Amerika Serikat, orang kulit hitam akan lebih dulu mendapatkannya dan orang ras Amerika asli.

via Kompas.com

Kemudian pemberian selanjutnya harus mulai berjenjang dari sana, berdasarkan negara dan populasi. Di sini di Amerika Serikat, orang kulit hitam akan menjadi yang mendapatkannya terlebih dahulu dan orang ras amerika asli, serta orang-orang dengan gejala yang mendasar, dan kemudian orang tua,” lanjut Melinda.

Selain itu juga orang-orang dengan gejala mendasar dan orang tua yang rawan terdampak penyakit.

_

Apakah ini bisa jadi sebuah pencerahan bahwa vaksin Covid-19 akan segera berhasil?

close

Vaksin Corona, Siapa Orang Pertama yang Berhak Mendapatkannya?

Search
close