Tutorial Bikin Playlist Buat Nemenin Lo ‘Work From Home’

access_time 2 tahun yang lalu

Presiden Joko Widodo sudah meminta kita untuk kerja dari rumah atau work from home. Buat lo yang suka kerja di rumah sih pasti akan fine-fine aja. Tapi buat lo yang suka kerja sambil bertemu orang lain? Pasti akan susah menjalaninya dan jadi kurang semangat dalam bekerja.

Kalau sudah dipaksakan dengan situasi seperti ini, salah satu yang bisa lo lakukan di rumah adalah mendengarkan lagu-lagu favorit. Bikin playlist sendiri berisi lagu yang bisa membuat kita semakin semangat kerja.

Tapi gimana sih cara bikin playlist yang benar untuk menemani lo work from home? Begini caranya.

Tentukan Genre yang Lo Suka

Image result for genre musik
Source: Bernas.id

Menentukan genre dalam playlist lo menjadi hal pertama yang harus diperhatikan. Kenapa? Karena lewat genre yang lo tentukan, nantinya lo bisa membuat alur pikiran dan emosi yang akan dikontrol selama hari itu berjalan.

Misalkan hari ini lo merasa sangat ngantuk, tapi harus kerja maksimal karena dikejar deadline. Lo bisa pilih genre musik pop atau rock atau pop-rock jadi alternatif pilihan.

Hal ini dikarenakan genre pop dan rock mayoritas punya gaya musik yang upbeat. Sehingga musik yang upbeat ini bisa memacu jantung lo semakin berdegup kencang supaya bisa lebih melek dan semangat. Selama playlist itu adalah genre kesukaan lo, emosi dan pikiran hari itu bisa bikin semakin fokus untuk kerja dan melakukan aktivitas lain.

Tapi genre pop atau rock bukan patokan kok. Kalau lo juga suka lagu yang mellow atau genre-genre lainnya, itu semua juga bisa mengatur dan mengolah emosi lo.

Masukkan Lagu yang Lo Hafal Liriknya

Image result for lirik lagu genius
Source: Unbox.id

Nah hafal lirik juga jadi salah satu syarat lagu yang bisa lo masukin ke playlist. Setelah menentukan genre favorit, lo bisa memasukkan lagu sesuai genre yang bisa bikin sing-a-long selama bekerja.

Nyatanya, bekerja sambil bernyanyi bisa membuat situasi atau lingkungan lo bekerja semakin hidup. Karena biasanya kerja di kantor dan bertemu orang, sekarang harus kerja dari rumah dan sepi. Kalau hafal lirik, setidaknya mood yang sudah dibangun di awal bisa semakin kuat dan bertahan sampai lo selesai kerja.

Walaupun sekarang kalau tidak hafal lirik kita bisa lihat di internet, tapi takutnya akan lebih fokus ke lirik daripada ke kerjaan.

Beri Nama Playlist yang Menarik

Image result for playlist spotify quarantine
Source: Mothership

Pilihan lagu sudah asik, genrenya juga sudah sesuai mood, lalu nama playlist-nya apa ya? Tidak jarang orang membuat playlist juga dijadikan sebagai konten mereka di platfrom streaming musik.

Biasanya nama playlist juga disesuaikan dengan lagu-lagu yang ada di dalamnya. Misalkan “Episode 1: Aku Anak Konser” jadi isinya lagu-lagu dari The Adams, Barasuara, The Upstairs, Danilla, Kunto Aji, dan lain-lain.

Bisa juga kalian gunakan aktivitas lo jadi nama playlist. Misalkan nge-gym, mandi, makan, nyetir jauh, dan masih banyak lagi aktivitas yang bisa lo jadikan nama playlist. Dengan situasi sekarang, playlist itu bisa dinamakan dengan “Work From Home” dan nama-nama sekreatif kalian.

_

Intinya, mengolah dan mengatur mood dalam playlist sangat penting untuk bisa menentuka arah dan tujuan emosi lo hari itu. So, buat lo yang harus kerja dari rumah atau di kantor, tetap semangat beraktivitas ya!

close

Tutorial Bikin Playlist Buat Nemenin Lo ‘Work From Home’

Search
close