Turunkan Masker Ke Dagu Saat Makan Atau Minum Diklaim Berbahaya, Apa Alasannya?

access_time 1 tahun yang lalu

Kebiasan buruk yang sering dilakukan saat menggunakan masker

Menurunkan masker ke dagu atau bahkan sampai leher menjadi kebiasaan yang dilakukan sebagian besar para pengguna saat sedang makan, minum atau bahkan sesekali menarik napas saat tidak ada orang.

Tapi tahukah lo kalau sebenarnya kebiasaan tersebut bisa menjadi sesuatu yang berbahaya bagi para penggunanya? Menarik masker ke dagu atau leher bisa diklaim bisa menimbulkan kontaminasi.

Ini alasannya kenapa menurunkan masker ke dagu atau leher berbahaya

Ketika menggunakan masker maka bagian dalam akan bersentuhan langsung dengan mulut dan hidung. Pada saat seseorang menurunkan masker ke dagu atau bahkan leher saat sedang makan atau minum, maka area dalam masker juga akan menyentuh leher/ dagu.

Hal tersebut berbahaya karena baik dagu atau leher sangat mungkin menjadi tempat bagi bakteri atau kuman menempel dan bayangkan ketika area dalam masker yang terekspos tersebut kembali menempel di area hidung dan mulut penggunanya, sudah pasti akan terjadi kontaminasi.

Seperti dilansir dari Huffington Post, Lucy Wilson selaku kepala departemen layanan kesehatan darurat di University of Maryland, Baltimore County menjelaskan kalau bagian masker dalam yang sudah terkontaminasi bersentuhan dengan area hidung dan mulut di mana terdapat membran muskus yang rentan, justru resiko infeksi yang timbul malah meningkat.

Ini yang bisa dilakukan saat hendak makan atau minum

Erin Sorrell, profesor asisten riset di departemen mikrobiologi dan imunologi, Georgetown University juga menambahkan kalau sebaiknya masker tidak digantungkan di leher. Lebih lanjut dirinya menyarankan semua orang yang akan makan atau minum untuk sebaiknya melepaskan masker seluruhnya dan kemudian diletakan pada wadah yang tertutup dan bersih seperti ziplock.

Go out Portable Dustproof Storage Mask Container Mask Case ...

Tujuan keseluruhan dari penggunaan masker adalah untuk melindungi mulut dan hidung dari droplets batuk dan bersin. Idenya adalah setiap orang harus menghindarkan masker dari kontaminasi permukaan lain, dan sebaiknya tidak bermain-main dengan mengantungkannya di leher.‘ begitu jelas tutup Sorell.

PDUI (Perhimpunan Dokter Umum Indonesia) juga menghimbau kalau penggunaan masker harus disejajarkan dengan penggunaan pakaian, di mana setiap orang pasti ingin pakaiannya untuk selalu bersih.

Source : CNNIndonesia

Image Source : Twitter @NYTimes 

Iya juga, kenapa bukan dilepas seluruhnya tapi malah digantung di leher yah?

*ngomong sama diri sendiri*

close

Turunkan Masker Ke Dagu Saat Makan Atau Minum Diklaim Berbahaya, Apa Alasannya?

Search
close