close

Tren Dalgona Coffee, Kopi Viral Selama Physical Distancing

By Billy Dewanda
access_time 3 bulan yang lalu Comments

Sejak munculnya pandemi virus Corona ini, kampanye physical distancing digerakan banyak orang sehingga terpaksa harus tinggal dan bekerja di rumah. Hal ini tentunya untuk menghindari dan memutus rantai penyebaran Covid-19.

Dengan lebih banyak waktu di rumah, beberapa orang mencoba berbagai hal baru dan membuat resep makanan sendiri untuk mengisi kekosongan di rumah. Salah satunya yang sedang tren saat ini di media sosial adalah kopi Dalgona.

Munculnya tren Dalgona Coffee

Media sosial kini menjadi alternatif tempat setiap orang dalam mencari inspirasi kegiatan selama work from home. Rupanya tren ini muncul pertama kali di Korea Selatan dengan tagar #dalgonacoffee, dimana sudah hampir 21.000 kali orang menggunakannya di Instagram.

Menu ini pun muncul sejak pandemi Corona sudah berhasil membuat hampir semua orang bosan dan ingin mencoba hal baru di rumah. Anak muda di Korea Selatan yang memilih berdiam diri di rumah mencoba mencari cara mengusir kebosanan. Lalu muncul ide untuk membuat kopi Dalgona.

Kopi ini menjadi menarik perhatian karena penampilannya yang menggugah selera walaupun terdiri dari bahan-bahan yang sederhana. Semakin menarik perhatian karena kopi Dalgona ini terdapat tumpukan foam cokelat yang ternyata membuatnya pun tidak terlalu sulit. Hanya memang dalam pembuatannya, membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dari pembuatan latte pada umumnya.

Bahan-bahan pembuatannya

6 Ramuan Kopi yang Bisa Kamu Jadikan Bahan Perawatan Tubuh ...
Source: Fimela

Buat lo yang mau mencoba membuatnya, persiapkan dulu bahan-bahannya. Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kopi Dalgona ini mudah didapat dan harganya juga murah, antara lain:

  • 1 sdm kopi bubuk instan
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdm air panas
  • 200 ml susu cair
  • es batu

Cara membuatnya pun mudah

Apakah Dalgona Coffee Menyehatkan untuk Tubuh?
Source: Klikdokter

Langkah pertama, siapkan mangkuk kemudian tuang kopi, gula, dan air panas ke dalamnya. Kemudian aduk semua bahan tersebut dengan cepat menggunakan sendok. Nah, adukannya ini konon katanya harus dilakukan sebanyak kurang lebih 400 kali atau sekitar 3-5 menit. Lumayan, sekalian olahraga.

Aduk terus semua bahan di mangkuk hingga berubah warna menjadi coklat muda dan teksturnya kental. Sampai tahap ini, sebenarnya kopi sudah jadi dan siap dihidangkan.

Jadi, siapkan gelas lalu isi dengan susu cair dan es batu. Kemudian tuang adonan Dalgona tersebut di atas susu, sehingga penampilannya akan sama seperti di foto.

_

Gampang kan cara membuatnya. Lumayan nih kopi Dalgona untuk menemani lo work from home dan bisa bikin mata melek biar semangat kerja. Yuk, langsung coba di rumah!

close

Tren Dalgona Coffee, Kopi Viral Selama Physical Distancing