Tombol Like di Instagram Sempat Hilang, Ini Penjelasannya!

access_time 5 bulan yang lalu

Instagram akhir-akhir ini bikin heboh para penggunanya. Hal ini disebabkan tombol like pada aplikasi mereka secara tiba-tiba menghilang dari lokasi biasanya.

Alhasil muncul banyak anggapan dari para pengguna kalau media sosial ini tidak mau lagi menampilkan jumlah like pada sebuah posting-an. Tapi, sebenarnya apa yang terjadi?

Tombol Like di Instagram Menghilang

Akhir minggu ini, beberapa pengguna Instagram melaporkan keluhan atas hilangnya tombol like pada aplikasi tersebut. Mereka yang tidak bisa melihat jumlah likes yang ada pada unggahan mereka.

Menanggapi hal tersebut, pihak Instagram pun mengeluarkan sebuah pernyataan resmi melalui akun Twitter @InstagramComms. Mereka mengatakan kalau hal tersebut terjadi karena ‘bug‘.

Baca juga:

Meski begitu, ‘bug‘ yang muncul kali ini sepertinya bukan karena kesalahan sistem mereka. Bisa jadi ‘bug‘ ini muncul karena mereka sedang bereksperimen untuk tidak menerapkan sistem like pada aplikasinya.

We’ve been testing a new experience to hide likes on Feed posts. We unintentionally added more people to the test today, which was a bug – we’re fixing this issue and restoring like counts to those people as soon as possible,” tulis @InstagramComms.

Rencana Sejak Tahun 2019

Tombol Like Instagram
Ilustrasi Instagram (via Complex)

Sebenarnya, sejak tahun 2019 lalu Instagram emang sudah berwacana untuk tidak lagi menerapkan sistem like pada aplikasi mereka. Sebab, mereka lebih ingin fokus kepada konten foto dan video yang dihadirkan setiap orang, bukan terpaku pada seberapa banyak like pada unggahan tersebut.

Jika benar terjadi, tentu hal ini akan sangat berpengaruh pada influencerinfluencer yang mencari uang lewat Instagram. Jumlah likes biasanya menjadi salah satu yang diperhatikan oleh sebuah brand untuk membayar influencer dalam mempromosikan produknya.

Tapi, sebenarnya ada baiknya juga jika tidak ada tombol like, setiap orang akan lebih fokus kepada kualitas foto atau video yang diunggah pada platform tersebut. Ini juga akan membawa kebaikan untuk Instagram itu sendiri.

_

Apakah Lo setuju kalau tombol like dihilangkan?

close

Tombol Like di Instagram Sempat Hilang, Ini Penjelasannya!

Search
close