Tips Menabung untuk First Jobber

access_time 2 tahun yang lalu

Sudah beres empat tahun kuliah sekarang akan memasuki jenjang baru yang katanya lebih “keras”, yup dunia pekerjaan. Selamat untuk yang sudah mendapatkan pekerjaan, yang belum dapat jangan nyerah ya! Tapi, yang sebenarnya mau dibahas adalah buat yang baru saja mendapatkan pekerjaan pertamanya alias First Jobber.

First Jobber nih punya kebiasaan buruk saat gajian, borosnya bukan main. Mungkin gaji adalah salah satu sarana “balas dendam” untuk membeli sesuatu yang tidak pernah terbeli semasa di universitas. Bolehlah digaji bulan pertama dan kedua untuk menjalankan rencana balas dendam dengan belanja, namun yang bahaya kalau keterusan dan mendi impulsif. Rasanya gaji 5 juta Rupiah dengan 500 ribu Rupiah nggak ada bedanya.

Nah, kami punya tips bagaimana caranya mengatur bidang finansial untuk para pekerja pertama ini

1. Buka Tabungan Berjangka

Image result for tabungan berjangka

Tabungan berjangka adalah jenis tabungan di mana nasabah harus menentukan jangka waktu yang diinginkan untuk tetap menabung di bank, misalnya 10 bulan atau satu tahun. Nah, nominal untuk menabungnya juga basanya minimum 500.000 Rupiah.

Hitungan sederhananya, jika menentukan jangka waktu selama 10 bulan dengan nominal gabungan 500.000 Rupiah berarti kita sudah menabung sebesar 5 juta Rupiah, lumayan kan? Pilih lah nominal yang tidak memberatkan saja, jadi sisa uangnya bisa buat hidup selama sebulan atau belanja. Buatlah auto-debit direkening pribadi sehingga tidak lupa untuk menabung.

2. Prioritaskan Kebutuhan

Image result for needs

Ini sebenernya nggak terlalu sulit untuk dibedakan namun sering aja kelupaan karena jiwa yang meraung untuk balas dendam mengejar gaya hidup. Coba mulai melatih mencari mana yang dibutuhkan dulu service kendaraan, bayar hutang, atau kebutuhan lainnya. Setelah itu baru bisa memenuhi keinginan.

3. Batasi Belanjaan

Image result for shopping

Boleh sekali-sekali membeli sepatu atau barang lain yang sudah di idam-idamkan sejak lama, namun jangan sampai kalap hingga membeli yang tidak perlu. Coba saja menargetkan 2 bulan sekali untuk berbelanja, 2 bulan sekali berli Air Jordan seperti salah satu reward untuk diri sendiri yang sangat memuaskan.

Tapi nggak perlu nabung selama 2 bulan jika ingin berbelanja pada bulan ini, datang ke USS Yard Sale pada tanggal 24-25 Mei di The Hall Senayan City. Ada sale hingga 70% dari Puma, Bratpack, Adidas, Nike, Elhaus, Taka, dan masih banyak lagi.

https://www.instagram.com/p/BxZ9pRIF7DC/?utm_source=ig_web_copy_link

 

 

 

close

Tips Menabung untuk First Jobber

Search
close