close

Tips Memilih Makanan Sahur Biar Lo Kuat Puasa Sehari Penuh!

By Billy Dewanda
access_time 4 bulan yang lalu Comments

Puasa kali ini memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Menjalankan puasa di tengah pandemi, membuat nuansa bulan Ramadhan menjadi tidak biasa.

Namun, berpuasa 12-13 jam memang sudah menjadi tantangan tersendiri bagi umat Muslim. Banyak hal yang perlu dipersiapkan supaya kegiatan sehari-hari tidak menghalangi berjalannya ibadah puasa lo.

Nah, biasanya pilihan makanan saat sahur bisa saja menentukan stamina dan kinerja tubuh lo selama menjalankan ibadah puasa. Apakah selama ini pilhan makanan sahur lo sudah benar?

Mari kita lihat makanan seperti apa yang seharusnya lo persiapkan saat sahur:

Makanan dengan Gizi Seimbang

Tips Mengatur Gizi Seimbang untuk Mahasiswa - deCODE
Source: deCode

Perlu diperhatikan pertama kali adalah komposisi gizi seimbang yang ada pada makanan sahur lo. Ini tujuannya jelas untuk memenuhi kalori yang bisa menjadi simpanan cadangan makanan selama lo menjalankan puasa.

Dengan sajian makanan bergizi dan berenergi, dijamin kondisi tubuh lo akan semakin maksimal dan kuat puasa sehari penuh!

Banyak Minum Air Putih

Tak Banyak Orang Tahu, Ternyata Minum Air Putih Ada Aturannya, Apa ...
Source: iStock

Tubuh tetap butuh hidrasi. Walaupun puasa adalah menahan nafsu makan dan minum, tapi kebutuhan cairan di tubuh lo jangan sampai kekurangan.

Tubuh lo justru butuh hidrasi yang banyak untuk melancarkan kinerja otak dan tubuh sepanjang hari. Kalau kekurangan air, lo akan merasa cepat letih, lesu, dan kesulitan berpikir apa lagi sekarang lagi menerapkanĀ Work From HomeĀ (WFH) yang pastinya butuh konsentrasi tinggi.

Hindari Gorengan

Musim Hujan, Hindari Gorengan & Makanan Pedas! : Okezone Lifestyle
Source: Okezone

Nah, sebaiknya jangan sahur dengan menyediakan gorengan. Karena dengan konsumsi gorengan, tenggorokan lo akan lebih cepat haus dan itu jelas akan menghambat jalannya ibadah puasa.

Terlebih makanan yang digoreng juga akan memperlambat pengosongan lambung, makanya ini sering memicu naiknya asam lambung saat berpuasa.

Karbohidrat Kompleks

Mengetahui Jenis Karbohidrat: Mana yang Paling Sehat?
Source: Hello Sehat

Kalau kebutuhan karbohidrat sih sudah pasti wajib ada saat sahur. Cukup hindari makan makanan manis dengan karbohidrat sederhana, seperti biskuit atau permen karena akan mudah dicerna tubuh sehingga cepat merasa lapar.

Nah, sebaiknya lo pilih makanan dengan karbohidrat kompleks, seperti sayur, buah, dan umbi-umbian untuk menambah tenaga untuk menjalankan puasa seharian.

Perbanyak Buah dan Sayur

Gigi Sehat dan Senyum Indah Dengan Bantuan 6 Buah dan Sayuran Ini
Source: Hello Sehat

Yang terakhir dan yang paling penting adalah konsumsi buah dan sayur. Vitamin dan mineral yang ada di dalam buah dan sayur memang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi manfaatnya.

Dengan vitamin dan mineral yang cukup, pastinya daya tahan tubuh lo akan meningkat dan membuat puasanya lebih kuat seharian.

_

Apakah selama ini pilihan makanan sahur lo sudah tepat? Kalau belum, bisa ikuti tips di atas ya!

close

Tips Memilih Makanan Sahur Biar Lo Kuat Puasa Sehari Penuh!