Tips Hemat Pakai AC di Masa Pandemi, Biar Tagihan Listrik Gak Membengkak

access_time 11 bulan yang lalu

Alih-alih ingin hemat, tagihan listrik malah membengkak karena AC

Pandemi virus corona emang memaksakan kita untuk menjalankan aktivitas sehari-hari hanya dari rumah. Saat bekerja dan belajar dari rumah, eh tagihan listrik malah mahal banget.

Sebagai masyarakat yang tinggal di negara dengan iklim tropis, musim kemarau di Indonesia memang sudah tidak bisa dihindari lagi. Hawa panas sering bikin kita gak betah dan jadi tidak fokus bekerja atau belajar di rumah.

Makanya tak jarang kita menyalakan Air Conditioner (AC) di siang hari, bahkan bisa berlanjut sampai malam. Ini dia yang menyebabkan tagihan listrik jadi mahal.

Lalu, bagaimana cara untuk menghemat listrik AC yang bisa diterapkan selama masa pandemi ini?

Periksa Unit AC Secara Berkala

via Miami AC Repair

Ketika di masa isolasi ini penggunaan AC semakin meningkat, setidaknya lo memeriksa AC secara berkala. Hal ini untuk memastikan sistem pendingin berjalan secara efisien dan bertahan lebih lama.

Cara paling mudah adalah membersihkan filter AC, hal ini bisa menurunkan konsumsi energi AC 5 sampai 15 persen.

Bersikap Strategis

via Giphy

Kalau lo punya jendela di kamar lo, buka dan maksimalkan jendela tersebut ketika cuaca belum begitu panas. Gunakan juga satu AC untuk beberapa ruangan, misalkan ruang tamu dan ruang makan hanya menggunakan satu AC saja. Atau tidak usah pakai AC sama sekali.

Kalau lo punya pendingin sentral, pasang termostat pintar yang bisa secara otomatis menyesuaikan suhu dengan energi yang dikeluarkan AC, sehingga bisa lebih hemat.

Mengurangi Panas

via Furnizing

Gunakan tirai di jendela lo, supaya cuaca panas tidak mengharuskan lo menyalakan AC di siang hari. Cukup tutup tirai dan nikmati suasana teduh.

Kurangi juga aktivitas yang menciptakan panas di siang hari, seperti memasak, memanggang, apalagi mandi air panas karena akan membuat tubuh lo semakin gerah.

Cara paling ampuh mengurangi panas sebenarnya adalah mematikan lampu di siang hari.

Alternatif Selain AC

via ProductNation

Kalau sudah tahu tagihan listrik dari AC itu besar, sebaiknya cari cara lain untuk menjadi alat pendingin lo di rumah. Lo bisa gunakan kipas angin gantung yang energinya tidak terlalu besar, namun bisa tetap membuat lo tidak kepanasan.

_

Ini dia tips hemat menggunakan AC selama masa pandemi. Tips mana yang udah lo lakukan?

close

Tips Hemat Pakai AC di Masa Pandemi, Biar Tagihan Listrik Gak Membengkak

Search
close